Antisipasi Lonjakan COVID-19, Pemprov Jatim Tambah 168 Bed OTG di Asrama Haji

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 21:41 WIB
Asrama haji sukolilo surabaya
Asrama Haji Sukolilo (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pemprov Jatim menambah kapasitas tempat isolasi bagi OTG COVID-19 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Sebanyak 168 bed ditambah di Gedung E2 Asrama Haji.

"Rumah isolasi berkapasitas 168 bed ini akan bertempat di Gedung E2 Asrama Haji berlantai dua. Setiap lantai, terdiri dari 28 kamar ber-AC, dan setiap kamarnya berisi 6 bed dengan kamar mandi dalam," kata Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Sabtu (26/6/2021).

Di setiap lantainya, terdapat dua unit TV dan dua dispenser yang berada di ruang lobby untuk melengkapi kebutuhan pasien. Selain itu juga diberikan fasilitas kebugaran untuk pasien yang isolasi.

"Rumah Isolasi OTG ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas tempat olahraga seperti, tenis meja, raket badminton dan bola kaki," ujarnya.

Selain itu, ada juga cafe gratis dan 3 buah gazebo. Dua fasilitas relaksasi itu akan bertempat di lapangan seluas 500 meter persegi di depan gedung isolasi OTG.

Guna memaksimalkan pelayanannya, rumah isolasi OTG ini juga akan diampu oleh 4 orang dokter, 8 perawat dan 4 analis. "Ini ikhtiar kita untuk mendekatkan pelayanan isolasi bagi kalangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang didapati terkonfirmasi positif pasca dilakukan tes usap PCR," jelasnya.

Baca juga: Makin Melonjak, Jumlah Kasus Aktif COVID-19 di Bondowoso Bertambah 65 Orang

Heru mengatakan, selama ini PMI yang terkonfirmasi positif dibawa ke RS Lapangan Indrapura. Namun, untuk PMI yang OTG akan isolasi di Asrama Haji agar tidak memenuhi RS.

"Karena saat ini semua rumah sakit, BOR-nya sudah mencapai 90%, maka layanan isolasi OTG di Asrama Haji Sukolilo ini menjadi solusi atas lonjakan kasus COVID-19 saat ini, termasuk di luar kasus positif PMI," jelasnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku dengan adanya tambahan rumah isolasi OTG di Asrama Haji Sukolilo ini menambah tempat isolasi di Jatim. Pemprov Jatim saat ini memiliki 5 RS Lapangan COVID-19 di beberapa daerah dengan total 1.668 tempat tidur.

"RS Lapangan Indrapura Surabaya dengan kapasitas 500 bed, RS Lapangan Idjen Boulevard Malang dengan kapasitas 300 bed, RS Lapangan Joglo Dungus Madiun berkapasitas 150 bed, Rumah Isolasi OTG di BPWS Bangkalan dengan kapasitas 550 bed dan Rumah Isolasi OTG di Asrama Haji Sukolilo dengan kapasitas 168 bed, semoga penambahan ini membantu relaksasi rumah sakit rujukan yang ada," urainya.

Khusus RS Lapangan Indrapura Surabaya, jumlah kapasitasnya bertambah, total menjadi 500. "Setelah ditambah 50 bed empat hari lalu," pungkasnya.

(fat/fat)