Kebun Durian di Lamongan Ini Berpotensi Jadi Desa Agrowisata

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 10:33 WIB
Kebun Durian, Optimis Kebangkitan Ekonomi Dari Desa Agrowisata Lamongan
Buah petik durian (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan -

Banyak potensi desa yang bisa digali di Lamongan. Salah satunya potensi petik buah durian. Aromanya yang menyengat akan menggoda siapapun untuk mencicipi buah berduri ini. Wisata durian ini bisa didapat jika Anda berkunjung ke Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro.

Suasana asri nan sejuk pun bisa didapatkan di desa yang memang agak jauh dari pusat Kota Lamongan ini. Kebun buah durian di Desa Sugihan ini berada di tengah-tengah perkebunan desa nan asri yang sebelumnya tidak banyak yang menyangka buah durian akan tumbuh dengan baik di desa ini.

"Sebelumnya hanya terdapat 20-30 buah pohon durian yang siap panen," kata Kades Sugihan Khusnul Yakin saat penanaman pohon durian di Desa Sugihan, Kecamatan Solokuro bersama dengan Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana dan Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf. Sidik Wiyono, Sabtu (26/6/2021).

Ya, berawal dari kebun durian montong milik Zumiyah yang penasaran apakah bibit durian bisa tumbuh di desanya, dia akhirnya memesan 50 bibit durian montong dari Majalengka, Jawa Barat 2013 lalu. Selang 5 tahun sejak ia menanam, kebun durian miliknya sudah berbuah dengan kualitas yang istimewa, yaitu manis dan besar.

Kabar mengenai durian montong di Desa Sugihan inipun akhirnya membuat desa ini 'kebanjiran' warga yang penasaran.

"Berawal dari sini akhirnya Desa Sugihan menjadi salah satu objek agro wisata baru di Lamongan," jelasnya.

Khusnul mengaku sebelumnya hanya 20-30 buah pohon durian yang siap panen, saat ini sudah terdapat 2.500 batang pohon durian di desanya. Tak hanya durian, buah lain seperti jeruk, belimbing dan lainnya juga telah ditanam untuk mendukung Desa Sugihan sebagai Desa Agrowisata.