Dua RS Rujukan di Situbondo Tak Mampu Tampung Lagi Pasien COVID-19

Chuk S Widarsha - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 12:09 WIB
Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo
RSMS Situbondo jadi RS rujukan setelah 2 RS lain tak mampu tampung pasien COVID-19 (Foto: Chuk S Widarsha/File)
Situbondo -

Pemkab Situbondo menunjuk Rumah Sakit Mitra Sehat (RSMS) sebagai rumah sakit rujukan. Sebab, peningkatan COVID-19 beberapa kurun terakhir cukup signifikan.

Menggilanya COVID-19 di Situbondo membuat dua rumah sakit yang jadi rujukan sebelumnya, yakni RSUD Abdoer Rahem dan RS Elizabeth sudah tak bisa lagi menampung pasien yang terpapar COVID-19.

"Kami menunjuk RSMS menjadi rumah sakit rujukan COVID-19. Sebab, dua rumah sakit yakni RSUD Abdoer Rahem dan RS Elizabeth sudah penuh," jelas Sekretaris Daerah Situbondo Syaifullah kepada detikcom, Kamis (24/6/2021).

Syaifullah mengaku Rabu (23/6) kemarin ada tambahan 55 orang yang terpapar COVID-19. Sehingga ada beberapa pasien yang akhirnya harus mengantre dulu.

"Sehari kemarin itu tambahannya ada 55 orang. Akhirnya kami menunjuk RSMS, agar pasien bisa segera tertangani," imbuh Syaifullah.

Sebelumnya, petugas dari Dinas Kesehatan setempat memang sudah melakukan visitasi kelaikan RSMS untuk dijadikan rumah sakit rujukan. Itu sebagai bentuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19.

Sementara pengelola Rumah Sakit Mitra Sehat (RSMS) Imam Hidayat mengaku pihak manajemen memang sudah menyiapkan sarana prasarana yang dibutuhkan. Sehingga ketika pemerintah daerah sewaktu-waktu menunjuk Mitra Sehat sebagai rumah sakit rujukan, pihaknya langsung bisa memberikan pelayanan.

"Kami memang sudah menyiapkan satu ruang ICU COVID-19 dan 16 tempat tidur non-ICU atau ruang isolasi bagi pasien COVID-19," pungkasnya.

(iwd/iwd)