Kronologi Munculnya Klaster Takziah di Kabupaten Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 20:50 WIB
Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Sebanyak 21 orang dinyatakan positif swab antigen.
Swab antigen di Pasuruan/Foto: Istimewa
Pasuruan -

Klaster takziah muncul di Kabupaten Pasuruan. Awalnya warga takziah ke rumah salah seorang warga yang meninggal terpapar COVID-19.

Perempuan berusia 51 tahun asal Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen meninggal dunia terpapar COVID-19 pada Senin (21/6). Para tetangga melakukan takziah dan ikut menghadiri tahlil di rumah duka.

Sehari kemudian, dua tetangga almarhum memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Bulukandang dengan keluhan batuk, pilek dan meriang. Mengetahui gejala seperti orang yang terpapar COVID-19, petugas melakukan swab antigen dan hasilnya positif.

Di hari yang sama, Puskesmas Bulukandang menerima belasan pasien yang datang dengan keluhan yang sama. Para pasien tersebut ternyata tetangga almarhum.

Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan memutuskan swab antigen massal pada seluruh warga yang ikut tahlilan. Sebanyak 62 orang yang bertempat tinggal di 2 gang sekitar rumah almarhum, di-swab antigen dan 19 di antaranya positif. Sehingga disebut klaster takziah.

"Total sebanyak 21 orang akhirnya di-swab PCR. Petugas dari RSUD Grati datang ke rumah penduduk melakukan swab PCR," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya, Rabu (23/6/2021).

Spesimen 21 warga kemudian dibawa ke rumah sakit untuk dites. Hasilnya akan diketahui Jumat (25/6). "Semoga semua negatif," harap Anang.

Tonton juga Video: Kasus Covid-19 di Purwakarta Melonjak, Mayoritas Klaster Industri

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)