Anjing Pelacak Disiagakan Usai Pelemparan Petasan di Pos Penyekatan Suramadu

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 14:56 WIB
Polisi Siagakan K9 Usai Pos Penyekatan di Suramadu Dilempar Petasan Massa
Polda Jatim siagakan K9 di Suramadu (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Polda Jatim menyiagakan unit K9 untuk mempertebal pengamanan pos penyekatan di Jembatan Suramadu. Hal itu dilakukan setelah sejumlah massa melakukan pelemparan petasan di lokasi.

"Iya benar, kami telah menyiagakan 2 unit K9 di pos penyekatan di sisi Surabaya," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko kepada detikcom, Senin (22/6/2021).

2 Unit k9 tersebut, lanjut Gatot, merupakan dari Kesatuan Sabhara Polrestabes Surabaya. Adapun 1 unitnya terdapat 2 satwa anjing dan 2 pawang.

"1 Unit itu ada 2 satwa anjing dan 2 pawangnya sendiri-sendiri. Ini akan diperbantukan untuk memperkuat pengamanan di pos," terang Gatot.

Menurut Gatot, selain menyiagakan K9, polisi juga akan membentuk tim khusus pengurai. Tim ini bertugas untuk mencegah terjadinya kerumunan atau penumpukan saat swab antigen di pos di sisi Madura.

"Kami juga akan memperkuat pos yang ada di Bangkalan. Nanti akan dibuat tim khusus yang akan mengurai supaya tidak ada lagi penumpukan. Penambahan nakes yang ada di Bangkalan ini nanti akan diperkuat juga. Kemudian mereka yang sudah diswab di Bangkalan akan langsung masuk ke Surabaya," imbuhnya.

Baca juga: Saat Massa Selama 30 menit Lempari Pos Penyekatan Suramadu dengan Petasan

Sebelumnya, ada tiga video yang viral di aplikasi perpesanan. Dalam video pertama berdurasi 29 detik, terdengar ada dua kali letusan petasan. Sementara petugas dari TNI berusaha menghalau sejumlah massa yang datang menggunakan sepeda motor. Massa terlihat mendatangi petugas dan menggas motornya hingga terdengar bunyi nyaring dari knalpot brong.

Petugas di lokasi berusaha mengejar massa namun massa yang menaiki sepeda motor langsung melaju kencang dan terus membunyikan knalpot motornya. Keriuhan massa, petugas hingga letupan petasan juga terdengar bersahutan.

Lalu di video kedua berdurasi 25 detik, terdengar lagi bunyi petasan. Ada pula beberapa TNI yang tampak mendatangi massa. Terdengar pula riuh massa dan petugas yang bersahutan.

"Massa berkumpul di belakang BPBD," ujar suara dalam video kedua yang diterima detikcom di Surabaya.

Sedangkan di video ketiga berdurasi 28 detik, suara petasan terdengar dua kali. Suasana nampak di sekitar tenda pos penyekatan. Ada sejumlah petugas yang meneriaki massa menggunakan motor yang disahuti dengan bunyi petasan hingga teriakan massa dalam bahasa Madura pun terdengar nyaring.

Simak Video: Heboh Video Massa Lempar Petasan ke Pos Penyekatan Suramadu

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)