PDIP Jatim Rapatkan Barisan Dukung Puan Calon RI1

Erliana Riady - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 16:13 WIB
Nama Puan Maharani sebagai Capres 2024 menggema di Rakerda PDIP Jatim di Kota Blitar. Selain Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, dukungan penuh juga disampaikan Ketua DPC PDIP Bangkalan yang mewakili seluruh pengurus di Madura.
Rakerda PDIP Jatim/Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Nama Puan Maharani sebagai Capres 2024 menggema di Rakerda PDIP Jatim di Kota Blitar. Selain Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, dukungan penuh juga disampaikan Ketua DPC PDIP Bangkalan yang mewakili seluruh pengurus di Madura.

Dalam laporan kepengurusan, Ketua DPC PDIP Bangkalan Fatkkurahman mengatakan, dia mewakili tiga pengurus DPC PDIP di Madura. Yakni Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Selain menyampaikan permintaan maaf karena tidak bisa hadir di Rakerda kali ini, Fatkkurahman juga menegaskan pengurus Madura mendukung kader internal PDIP sebagai Calon Presiden dalam Pilpres 2024. Pernyataan itu bahkan diulang sampai tiga kali.

Baca juga: Baliho Mbak Puan Bertebaran di Surabaya

"Jadi sekali lagi, saya mewakili rekan-rekan dari Sampang, Pamekasan dan Sumenep telah berkoordinasi dan konsolidasi. Kami sepakat mencalonkan Ibu Puan Maharani sebagai capres dalam Pilpres 2024 dan menjadi Presiden sampai tahun 2029," kata Fatkkurahman dalam laporan virtual, Senin (21/6/2021).

Begitu nama Puan Disampaikan Fatkkur, tepuk tangan menggema. Seperti menandakan sinyal semua yang hadir di Rakerda menyetujui usulan itu.

Dukungan serupa juga disampaikan Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi. Selain memaparkan laporan hasil kinerja mereka selama satu tahun, Kusnadi juga mengemukakan nama Puan Maharani sebagai calon RI1.

Baca juga: Pengamat Politik Sebut Baliho Mbak Puan untuk Cek Ombak Pilpres 2024

"Saya telah berkoordinasi dan konsolidasi dengan lima pengurus di kab/kota. Dan kami sepakat, Ibu Puan Maharani sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang," terangnya.

Tepuk tangan pun kembali menggema di ruangan. Pantauan detikcom, tampak beberapa yang hadir berdiri dari tempat duduknya sembari bertepuk tangan.

Ketua Bidang Koperasi dan UMKM DPP PDIP, Mindo Sianipar mengatakan, dalam Rakerda kali ini mereka menampung aspirasi dari bawah. Namun seperti tradisi di partai banteng moncong putih itu, bahwa keputusan Ketum Megawati adalah titah yang harus dianut semua kader partai.

"Hasil kongres kami itu yang terbaik. Hasil kongres itu sepenuhnya keputusan Ibu Ketum Megawati. Nah hasil kongres itu wajib kami patuhi," pungkasnya.

(sun/bdh)