Temui Pendemo Warga Madura, Wali Kota Eri Sedih Dibilang Diskriminasi

Amir Baihaqi - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 14:38 WIB
wali kota eri temui warga madura demo
Wali Kota Eri saat temui pendemo warga Madura (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menemui massa pendemo di Balai Kota Surabaya. Sebelumnya, massa warga Madura yang berdemo ingin Eri menemui mereka langsung.

Eri menjelaskan kebijakan ini merupakan keputusan bersama dari Forkopimda Jawa Timur. Pihaknya dan Bupati Bangkalan hanya sebagai pelaksana tugas.

"Yang saya hormati saudara yang dari Madura. Kalau njenengan tanya saya, saudara saya masih di Bangkalan semuanya, orang tua saya kakek saya juga dari Bangkalan. Kalau njenengan ada yang tanya, ini yang bikin saya sedih waktu ada yang bilang diskriminasi," kata Eri di Balai Kota Surabaya di hadapan para pendemo, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Wali Kota Eri Temui Ratusan Pendemo Madura, Disambut Duduk hingga Berselawat

"Karena apa, yang dilakukan penyekatan, yang dilakukan swab itu bukan kebijakannya Wali Kota Surabaya. Saya hanya menjalankan keputusan Forkopimda. Insyaallah saya dan Bupati Bangkalan hanya menjalankan keputusan," imbuh Eri.

Mengenai hal ini, Eri mengatakan telah menyampaikan aspirasi massa kepada Forkopimda Jatim yang terdiri dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, hingga Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto.

"Tadi saya sudah koordinasi dengan forkopimda, sudah saya sampaikan, karena itu mohon maaf jika kami menerapkan SIKM yang berlakunya tujuh hari itu karena pendapat sampeyan sudah kami sampaikan ke Forkopimda," tambah Eri.

Baca juga: Pendemo dari Madura Ngotot Bertemu Walkot Eri untuk Sampaikan Tuntutan

Sebelumnya, massa menyuarakan tiga tuntutan. Pertama menghentikan penyekatan yang diskriminatif, lakukan saja swab antigen di tempat hiburan dan tempat kerumunan lainnya di Surabaya hingga Wali Kota Surabaya harus meminta maaf kepada warga Madura.

Massa pun meminta Eri yang datang langsung menemuinya. Saat datang, Eri disambut selawat oleh para pendemo di depan gerbang Balai Kota Surabaya. Massa berada di depan gerbang, sedangkan Eri berada di dalam Balai Kota Surabaya.

Bak gayung bersambut, Eri Cahyadi juga mengajak ratusan pendemo berselawat terlebih dahulu sebelum memberikan penjelasannya soal swab antigen di Penyekatan Jembatan Suramadu.

(iwd/iwd)