Warga Madura Demo Balai Kota Surabaya Sempat Bikin Macet Lalu Lintas

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 11:50 WIB
Surabaya -

Ratusan warga Madura menggelar aksi bertajuk Demonstrasi Akbar Madura Melawan dengan meluruk Balai Kota Surabaya. Dalam perjalanannya dari Madura ke Surabaya, ratusan massa sempat menimbulkan kemacetan di kawasan Kenjeran dan Tambaksari.

Pantauan detikcom sekitar pukul 11.00 WIB, salah satu titik kemacetan yakni di Jalan Kenjeran Surabaya. Ratusan massa yang menaiki truk dan sepeda motor membunyikan klakson bersahutan.

Kemacetan dari massa ini juga berasal dari sejumlah masyarakat yang berhenti di pinggir jalan untuk mengabadikan aksi melalui ponselnya.

Sebelumnya, ratusan massa demonstran Madura mulai tiba di Jembatan Suramadu sisi Surabaya pukul 10.37 WIB. Massa menuntut pemerintah menghentikan swab antigen di Jembatan Suramadu yang dinilai diskriminatif.

Baca juga: Tak Di-swab Antigen, Massa Demo Warga Madura Terobos Penyekatan di Suramadu

Massa Demonstrasi Akbar Madura Melawan ini berencana menuju Balai Kota Surabaya hingga Kantor Gubernur Jawa Timur. Ada sejumlah petugas gabungan mulai dari Polisi, TNI hingga Satpol PP yang berjaga di lokasi.

"Ini sebuah aspirasi yang harus disampaikan ke Balai Kota Surabaya agar tidak diskriminasi ke warga Madura," kata salah satu massa aksi melalui pengeras suara, Senin (21/6/2021).

Tak hanya itu, ratusan massa ini berhasil melewati pos penyekatan Jembatan Suramadu tanpa dilakukan tes swab antigen. Pantauan detikcom, pos penyekatan sudah ditutup saat massa datang dan sejumlah tenaga kesehatan mengamankan diri dan alat-alat swab.

"Ini rakyat Madura bersatu, jangan pernah diblokade lagi. Mohon penyampaian aspirasi harus tercapai saudara. Jangan menghalangi aksi kami. Mohon kerja sama kami dari masyarakat Madura ingin menyampaikan kritik kepada wali kota Surabaya Eri Cahyadi," imbuh seorang massa melalui pengeras suara.

(fat/fat)