BMKG Juanda Perkirakan Hujan Guyur Wilayah Jatim Pagi hingga Malam

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 09:05 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Surabaya -

BMKG Klas I Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan dini terjadinya hujan di sejumlah wilayah Jawa Timur. Untuk itu, masyarakat diimbau waspada angin kencang dan petir.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Surabaya, Teguh Tri Susanto, Senin (21/6/2021).

Teguh memaparkan pada pagi hari, hujan diprakirakan mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang dan Situbondo.

Lalu pada siang sampai sore hari, hujan mengguyur wilayah Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

"Sedangkan pada malam hari, hujan diprakirakan terjadi di wilayah Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Ngawi, Kabupaten Malang dan Batu," tambah Teguh.

Sementara suhu udara di Jatim berkisar antara 14 hingga 34 °C. Lalu, kelembapan udara di angka 60 sampai 100% dan angin dominan dari Timur menuju Tenggara dengan kecepatan 05 hingga 30 KM/Jam.

(hil/fat)