Pemuda Lamongan Curi Kotak Amal di 10 TKP

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 15:36 WIB
Pemuda di Lamongan ditangkap karena mencuri kotak amal. Pencurian sudah ia lakukan di 10 TKP.
Pemuda di Lamongan yang mencuri kotak amal (kaus cokelat)/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Pemuda di Lamongan ditangkap karena mencuri kotak amal. Pencurian sudah ia lakukan di 10 TKP.

Pencuri ini yakni Aris (25), warga Desa Bedingin, Kecamatan Sugio, Lamongan. Aksi pencurian Aris tamat setelah kepergok warga sedang mencongkel kotak amal Masjid Al Hidayah, di Desa Sekarbagus.

"Benar, kami mengamankan pelaku pencurian kotak amal di Masjid Al Hidayah Desa Sekarbagus, Kecamatan Sugio," kata Kanit Reskrim Polsek Sugio, Ipda A Zainudin saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (19/6/2021).

Zainudin mengungkapkan, kejadian ini bermula ketika takmir masjid desa setempat yang bernama H Fadholi, mendengar ada suara mencurigakan dari dalam masjid, Selasa (15/6). Fadholi yang berada di rumah langsung keluar menuju masjid dan melihat sepeda motor yang terparkir di halaman masjid dengan kunci motor masih menempel.

"Setelah mengambil kunci motor dari sepeda pelaku, saksi juga melihat pintu masjid yang telah terbuka," ujar Zainudin.

Penasaran, Fadholi kemudian masuk ke dalam masjid dan mendapati pelaku sedang menjarah kotak amal masjid. Panik, pelaku lantas melarikan diri sambil membawa uang hasil pencurian dan bersembunyi di rumah salah satu warga.

"Mendapati pelaku kabur dan sembunyi, saksi lantas berteriak meminta tolong hingga membuat warga berbondong-bondong datang ke sumber teriakan yang ternyata masjid," jelasnya.

Warga yang tahu kalau pelaku bersembunyi di salah satu rumah, kemudian berusaha mengepung pelaku dan akhirnya pelaku ditangkap oleh warga dan diserahkan ke polisi. Kesal dengan aksi pencurian yang dilakukan pelaku, warga bahkan sempat melampiaskannya dengan merusak motor pelaku sesaat sebelum polisi datang ke TKP.

Selanjutnya
Halaman
1 2