Pemuda Lamongan Curi Kotak Amal di 10 TKP

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 15:36 WIB
Pemuda di Lamongan ditangkap karena mencuri kotak amal. Pencurian sudah ia lakukan di 10 TKP.
Pemuda di Lamongan yang mencuri kotak amal (kaus cokelat)/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

"Pelaku nekat masuk masjid dan merusak kayu dengan menggunakan alat pemahat beton dari besi (bethel, red) dan setelah kotak amal terbuka pelaku mengambil uang yang ada di dalamnya," terangnya.

Lebih jauh Zainudin menerangkan, aksi pencurian kotak amal tersebut kini sedang didalami polisi. Berdasar pengakuan, pelaku juga mengaku telah melakukan aksi pencurian kotak amal di sejumlah masjid di wilayah Sugio. Terhitung ada 10 TKP yang disasar.

"Selain mengamankan tersangka, kami juga mengamankan barang bukti uang tunai senilai Rp 194 ribu yang dicuri dari Masjid Al Hidayah Desa Sekarbagus dan Rp 281 ribu yang dicuri dari masjid lain, yang masih berada di Desa Sekarbagus, Kecamatan Sugio. Kami juga mengamankan sepeda motor Honda BeAT warna biru yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya," lanjutnya.

Kini, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya itu, pelaku ditahan untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. "Kepada pelaku akan kami jerat dengan Pasal 363 ayat 1 butir 3 E tentang pencurian dengan pemberatan," pungkasnya.


(sun/bdh)