Kursi-Meja Berserakan Imbas Warga Madura Rusak Pos Penyekatan Suramadu

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 11:01 WIB
Surabaya -

Video ratusan warga Madura menerobos pos penyekatan di Jembatan Suramadu viral di aplikasi percakapan whatsapp. Tak hanya menerobos, mereka juga merangsek masuk dan merusak pos penyekatan yang dijaga petugas gabungan.

Dalam video viral tersebut, sejumlah kursi hingga meja terlihat rusak dan berserakan di tanah. Tak hanya itu, ada juga sejumlah kertas milik petugas yang nampak berserakan.

Informasi yang dihimpun detikcom, peristiwa ini berlangsung subuh tadi. Mereka menerobos dan merusak pos penyekatan karena enggan melakukan swab antigen.

Tak hanya itu, ada dua video viral yang menyebar. Video pertama yang berdurasi 51 detik memperlihatkan aksi warga yang memaksa masuk ke pos penyekatan. Petugas gabungan pun terlihat kewalahan. Selain itu, para warga ini merangsek masuk untuk mengambil KTP mereka.

Baca juga: Video Warga Madura Rusak Pos Penyekatan Suramadu Sisi Surabaya Viral

"KTP... KTP.... kita lolos," kata suara dalam video yang diterima detikcom di Surabaya, Jumat (18/6/2021).

Lalu, video kedua berdurasi 43 detik menunjukkan sejumlah kursi hingga meja di pos penyekatan rusak. Ada pula sejumlah tenaga kesehatan yang menggunakan APD tampak mengamankan alat-alat untuk swab antigen.

Dalam video tersebut, para petugas mencoba menghalau massa. Namun, massa yang terlalu banyak membuat sejumlah petugas perempuan menepi.

Dan pagi ini, suasana kembali kondusif. Polisi-TNI tampak berjaga di lokasi dengan jumlah yang lebih banyak. Warga Madura yang melakukan perjalanan menuju Surabaya patuh melakukan swab antigen.

(hil/fat)