Begini Cara Polisi Percepat Vaksinasi COVID-19 di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 15:05 WIB
Ini Cara Polisi Percepat Vaksinasi COVID-19 di Jombang
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang -

Polres Jombang membantu pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 dosis kedua terhadap masyarakat. Selain melakukan pengamanan dan sosialisasi, polisi juga melayani antar jemput warga penerima vaksin.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho rutin meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di wilayah hukumnya. Seperti pagi tadi, ia datang langsung ke balai Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto.

Menurut dia, vaksinasi COVID-19 dosis kedua terhadap para lansia di kampung ini berjalan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan. Karena petugas puskesmas sudah menyusun jadwal vaksinasi sehingga tidak terjadi antrean penerima vaksin.

"Sesuai arahan Bapak Kapolri dan Kapolda Jatim, kami ingin memastikan vaksin COVID-19 segera disampaikan ke masyarakat. Karena vaksin ada masa berlakunya, jangan sampai tersisa dan terbuang sia-sia," kata Agung kepada detikcom, Kamis (17/6/2021).

Ia menjelaskan, Polres Jombang bekerjasama dengan TNI dan pemerintah untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Beberapa upaya mulai dilakukan. Salah satunya dengan mengerahkan polsek jajaran melakukan sosialisasi terkait vaksinasi secara langsung ke masyarakat.

Baca juga: Warga yang Berdomisili di Surabaya Juga Bisa Daftar Vaksinasi COVID-19

"Para kapolsek saya tugaskan untuk memastikan undangan vaksinasi sampai ke masyarakat sesuai nama dan alamatnya. Bagi masyarakat pekerja, vaksinasi bisa dilakukan sore atau malam. Bagi yang kesulitan datang, akan kami antar jemput," terangnya.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, pemerintah pusat mengalokasikan 679.830 dosis vaksin COVID-19 untuk vaksinasi tahap 1 dan 2. Sasaran vaksinasi adalah SDM kesehatan, petugas pelayanan publik dan lansia.

Sejauh ini, sudah ada 318.404 warga Kota Santri yang disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama. Namun, penyuntikan vaksin dosis kedua baru mencapai angka 118.091 jiwa.

Sehingga masih ada 200.313 penerima yang belum disuntik vaksin dosis kedua. Stok vaksin COVID-19 untuk dosis kedua masih aman. Karena tersisa 243.311 dosis di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang

(fat/fat)