Begini Cara Warga Banyuwangi Jaga Ekosistem Sungai

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 13:27 WIB
Berbagai upaya dilakukan Pemkab Banyuwangi untuk menjaga ekosistem sungai. Salah satunya menggelar Festival Susur Sungai, yang digelar rutin setiap bulan secara bergantian.
Festival Susur Sungai/Foto: Ardian Fanani/detikcom

Plt Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Arief Setiawan mengatakan, kegiatan susur sungai ini juga dimaksudkan sebagai kegiatan konservasi sungai.

"Bicara konservasi tidak hanya menanam tanaman, tapi juga berurusan dengan aliran sungai dan pantai. Kita memberikan edukasi bagi rakyat bahwa sungai memiliki potensi, ekosistem, ada biota di dalamnya yang harus kita lindungi," terangnya.

Arief mencontohkan, dulu di Sungai Setail mudah didapati lele yang bersengat. Kini sudah mulai punah. Sehingga anak-anak muda hanya mengenal lele jenis dumbo. Selain itu juga ada beberapa ikan yang hampir punah seperti sepat, hampala, dan juga labi-labi.

"Kita ajak kembali masyarakat khususnya anak-anak muda supaya tetap dan terus peduli lingkungan. Kali ini kita juga perkenalkan alat tangkap yang ramah digunakan seperti bubu, pancing dan jala. Jangan gunakan lagi alat tangkap seperti strum dan potas," ujar Arief.

Di festival ini juga ditampilkan beraneka produk home made potensi setempat yang dikelola kelompok pengelola dan pemasar (Poklasar) Desa Wringinputih. Seperti keripik mangrove, teh dan sirup mangrove. Juga ada produk olahan hasil perikanan air tawar seperti ebi kering, terasi rebon, abon ikan tuna, bakso kerang goreng, krupuk cumi, olahan siput, dan kepiting.


(sun/bdh)