Kasus COVID-19 Melonjak, Satgas Kab Pasuruan Gencarkan Antigen-Vaksinasi

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 11:37 WIB
Vaksinasi di salah satu balai desa Kabupaten Pasuruan
Vaksinasi di Kab Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Kabupaten Pasuruan kembali masuk zona oranye COVID-19 karena ada lonjakan kasus. Satgas COVID-19 segera melakukan berbagai upaya agar tak menjadi zona merah.

"Satgas akan memperbanyak testing dan tracing pada orang-orang yang berhubungan dengan pasien terpapar," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya, Kamis (17/6/2021).

Satgas juga berencana menggelar rapid massal secara selektif baik di wilayah yang masuk dalam kategori penularan rendah maupun sedang. Deteksi dini harus dilakukan.

"Orang kalau dengar akan dirapid massal, pasti bingung dan panik. Tapi inilah yang harus kami lakukan," urai Anang.

Selain itu vaksinasi akan digencarkan. Lokasinya di puskemas, pasar maupun kantor desa.

"Karena banyak pedagang yang tidak bisa pergi lama-lama, maka kita gelar vaksinasi di pasar. Lansia juga begitu. Kita jemput bola karena mereka juga dalam keterbatasan fisik. Pokoknya kita pro aktif dalam vaksinasi ini," tandasnya.

Anang kembali mengingatkan agar disiplin protokol kesehatan tetap menjadi perhatian. Satgas harus terus mengingatkan masyarakat yang mulai abai, baik di lokasi wisata, perbelanjaan maupun kehidupan sehari-hari.

"Seruan, surat edaran bahkan mengingatkan sampai di tingkatan RW sudah kita lakukan. Tapi kalau di lapangan tidak maksimal, ya percuma saja. Makanya ketua RT/RW harus peka terhadap kondisi para warganya. Kalau punya hajatan ya jangan dibiarkan, tapi dikawal, dipantau, diberitahu untuk prokesnya," jelasnya.

Kabupaten Pasuruan kembali ke zona oranye COVID-19 sejak 15 Juni 2021 karena lonjakan kasus. Keterisian bed perawatan tinggi.

Simak juga 'Corona Membandel, Pembatasan di RI Bakal Diperketat Lagi?':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)