Bangkalan Jadi Zona Merah COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 09:38 WIB
Bangkalan Jadi Zona Merah COVID-19
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Bangkalan dalam 10 hari terakhir terus melonjak. Dampaknya, Bangkalan kini menjadi zona merah COVID-19 di Jatim.

"Dari update zonasi terbaru, ada kabuapten di Jatim masuk zona merah, Bangkalan," ujar Dr Makhyan Jibril, Jubir Satgas COVID-19 Jatim saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (16/6/2021).

Jibril menjelaskan, Bangkalan menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Jatim yang masuk zona merah. Menurutnya, kenaikan kasus dalam 10 hari terakhir menjadi salah satu faktor.

"Indikator zonasi ada dari kasus, jumlah kematian, dan kesembuhan. BOR rumah sakit juga pengaruh. Kita lihat memang, ada kenaikan kasus di Bangkalan," imbuhnya.

Di Jatim sendiri, 33 Kabupaten/Kota masuk zona oranye COVID-19. Lalu ada 4 Kabupaten/Kota yang masuk zona kuning COVID-19.

Kasus aktif COVID-19 di Jatim hingga kini tersisa sebanyak 3.221 kasus. Bangkalan menjadi daerah dengan kasus aktif tertinggi yakni 599.

Berikut detail zonasi di 38 Kabupaten/Kota Jatim:

- Zona Merah (1 Kabupaten/Kota)
Bangkalan

- Zona Oranye (33 Kabupaten/Kota)
Trenggalek, Jember, Sidoarjo, Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan,
Situbondo, Pacitan, Kabupaten Kediri, Jombang, Kabupaten Blitar, Kota Pasuruan, Tulungagung, Gresik, Kota Madiun, Magetan, Kota Kediri, Kota Malang, Sampang, Kota Probolinggo, Bondowoso, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Ngawi, Nganjuk, Kota Surabaya, Kota Batu, Bojonegoro, Tuban, Ponorogo, Kota Mojokerto, Lamongan, Kabupaten Madiun.

- Zona Kuning (4 Kabupaten/Kota)
Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Sumenep, Pamekasan.

Simak video 'Daftar 15 Daerah dengan Kasus Tertinggi di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)