Satu Gang di Kota Mojokerto Lockdown Usai 4 Warga Meninggal Positif COVID-19

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 17:02 WIB
COVID-19 Merebak, Satu Lingkungan di Kota Mojokerto Di-Lockdown
Satu gang di Kota Mojokerto di-lockdown (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Merebaknya COVID-19 memaksa satu gang di Kota Mojokerto di-lockdown. Hingga hari ini, ada 4 warga meninggal dunia karena positif COVID-19.

Jubir Satgas COVID-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, Lingkungan Sidomulyo Gang 4, Kelurahan Mentikan, Prajurit Kulon di-lockdown mulai pagi tadi. Karena ada 5 warga positif terinfeksi virus COVID-19. Selain itu, 4 warga lingkungan yang sama meninggal dunia karena COVID-19.

"Yang meninggal dunia empat orang. Satu orang yang meninggal bagian dari 39 kontak erat," kata Gaguk saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (15/6/2021).

Merebaknya COVID-19 di Sidomulyo Gang 4 terdeteksi sejak Sabtu (12/6). Satgas COVID-19 Kota Mojokerto menemukan 5 warga positif Corona. Mereka kini diisolasi dan dirawat di RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo dan di Rusunawa Cinde, Kota Mojokerto.

Selanjutnya, Minggu-Senin (13-14/6), tim tracing menggelar swab PCR terhadap 39 warga Sidomulyo Gang 4 yang kontak erat dengan 5 pasien positif COVID-19.

Meski hasil tes belum keluar, 38 kontak erat diisolasi di RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo dan di Rusunawa Cinde, Kota Mojokerto sejak pagi tadi. Sebab, satu orang yang kontak erat lebih dulu meninggal dunia.

"Hasilnya diperkirakan hari ini keluar. Untuk mencegah transmisi lebih besar, 39 kontak erat langsung diisolasi pagi tadi. Gejala sedang dan berat dirujuk ke RSUD Wahidin, gejala ringan dan tanpa gejala di rusunawa," terang Gaguk.

Lingkungan Sidomulyo Gang 4 di-lockdown mulai pagi tadi. Semua jalan masuk ke lingkungan ini ditutup menggunakan pagar besi dan dijaga sejumlah anggota Satpol PP Kota Mojokerto.

Lockdown dilakukan untuk membatasi pergerakan warga agar penyebaran COVID-19 tidak meluas. Dinas Sosial Kota Mojokerto menyuplai makanan dan minuman untuk warga yang tinggal di lingkungan tersebut.

(fat/fat)