Satgas COVID-19 Bojonegoro Sebut Belum Tahu Ada Pasien Terpapar Varian India

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 15:08 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Getty Images/BlackJack3D
Bojonegoro -

Satu dari tiga pasien COVID-19 yang terpapar varian India B1617.2 atau varian delta warga Bojonegoro. Pasien tersebut dirawat di Bojonegoro setelah mendapat perawatan di RS Lapangan Indrapura (RSLI).

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut ada tiga pasien yang terkonformasi varian baru ini, yakni dua di Surabaya dan satu dirawat di Bojonegoro. COVID-19 varian India B1617.2 atau delta ditemukan di Bangkalan, Madura saat penyekatan Jembatan Suramadu.

Namun Humas Satgas COVID-19 Bojonegoro, Masirin mengaku belum mengetahui secara detail kabar varian baru ini. Masirin juga tidak tahu jika di Bojonegoro ada pasien dengan varian India B1617.2 atau varian delta.

"Saya belum tahu ini kalau terkait adanya varian baru COVID-19 yang pasiennya dirawat Bojonegoro. Segera saya tanyakan ke dinkes ya," kata Masirin saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (15/6/2021).

Namun, Masirin menyebut telah menerima kabar dari warga jika ada rumah pasien COVID-19 di Jalan Sawunggaling kota Bojonegoro sedang dilakukan penyemprotan.

"Ini malah kabar dari warga ada rumah pasien COVID-19 di Jalan Sawunggaling dilakukan penyemprotan," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut varian B1617.2 ini sama dengan temuan di Kudus.

"Ini sama dengan yang di Kudus, B1617.2 ini yang terkonfirmasi per pagi tadi, ada tiga di Jatim," ujar Khofifah di Surabaya, Senin (14/6/2021).

Varian India di Jatim tersebut, lanjut Khofifah, didapat dari hasil sequencing di Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair). Tiga kasus Corona asal India tersebut berasal dari 24 Genome Sequencing yang dikirimkan oleh Tim Penanganan COVID-19 Jatim.

Saat ini, Khofifah mengatakan tim penanganan COVID-19 Jatim, menunggu hasil Genome Sequencing berikutnya. Khofifah berharap, semua dapat terkomunikasikan dan terkelola dengan baik.

Sementara itu, Jubir Satgas COVID-19 Jawa Timur dr Makhyan Jibril menjelaskan tiga pasien itu dua berasal dari Bangkalan, dan satu dari Bojonegoro. Dua pasien asal Bangkalan dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) dan satu pasien asal Bojonegoro dirawat di Bojonegoro. Jibril menyebut, semua pasien laki-laki.

"Ketiganya laki-laki, dan semua dari penyekatan Suramadu," imbuhnya.

(fat/fat)