Kiai Nawawi Sidogiri Wafat, Alumni Santri Diimbau Tak Datang ke Ponpes

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 22:46 WIB
Kiai Nawawi Sidogiri Wafat, Alumni Santri Diminta Tak Datang ke Ponpes
Foto: Tangkapan Layar
Pasuruan -

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Pasuruan KH Nawawi Abdul Jalil tutup usia. Pihak pesantren meminta alumni santri dan masyarakat tidak datang ke ponpes karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Diberitahukan kepada alumni, wali santri dan simpatisan Pondok Pesantren Sidogiri dilarang datang ke Pondok Pesantren Sidogiri," demikan isi pesan yang diunggah di akun instagram resmi Pondok Pesantren Sidogiri, Minggu (13/6/2021).

Ikatan Pengurus Pusat Alumni Santri Sidogiri juga mengeluarkan instruksi serupa. Alumni dan masyarakat diminta melaksanakan salat gaib di wilayah masing-masing.

Permintaan pihak pesantren itu dibenarkan salah satu anggota keluarga besar Ponpes Sidogiri, Anwar Sadad.

Kiai Nawawi Sidogiri Wafat, Alumni Santri Diminta Tak Datang ke PonpesAlumni Santri Diminta Tak Datang ke Ponpes Sidogiri/ Foto: Tangkapan Layar

"Iya itu benar. Masyarakat diminta tak datang ke pesantren," kata pria yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur itu.

Sebelumnya, Kiai Nawawi wafat, Minggu (13/6/2021) pukul 16.40 WIB di RSUD Bangil. Sebelumnya, sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette, Malang.

KH Nawawi merupakan Mustasyar (Penasihat) PBNU. Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa). Ahwa yang beranggotakan 9 kiai sepuh yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan NU.

Kiai Nawawi Abdul Jalil lahir dan dibesarkan di Pondok Pesantren Sidogiri. Ayahnya KH Abd Djalil bin Fadhil merupakan syahid pada saat Agresi Militer Belanda pertama, tahun 1947. Sementara ibunya yakni Nyai Hanifah putri dari KH Nawawie bin Nurhasan.

(fat/fat)