Satgas COVID-19 Banyuwangi Minta Warga Tetap Prokes Meski Sudah Divaksin

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 22:09 WIB
Vaksinasi COVID-19 Terus Jalan di Banyuwangi
Vaksin COVID-19 (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Vaksinasi COVID-19 terus dilakukan Pemkab Banyuwangi. Selain menggelar vaksinasi driver thru dan jemput bola, Pemkab Banyuwangi meminta masyarakat yang sudah divaksin tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Banyuwangi, dr. Widji Lestariono menyatakan belum terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok, maka penularan COVID-19 masih tetap terjadi. Sebab saat ini jumlah warga yang belum divaksin masih lebih banyak dibanding dengan yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Artinya herd immunity belum terbentuk," jelas pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini.

Nantinya, jika vaksinasi sudah mencapai 70 persen dari jumlah populasi yang ada di Indonesia barulah bisa terbentuk herd immunity itu.

"Nanti jika 70 persen populasi sudah divaksin, Insya Allah akan terbentuk herd immunity, kekebalan bersama, pada saat itu Insya Allah sudah tidak ada lagi penularan," bebernya.

Dia menjelaskan, saat ini masih ditemukan beberapa kasus warga yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 sebanyak dua kali masih terpapar COVID-19. Namun, kata Dia, jumlahnya tidak banyak. Selain itu, mereka yang sudah menjalani dua kali vaksinasi COVID-19 jika terpapar COVID-19 tidak akan membawa dampak yang terlalu berat.

"Cenderung tanpa gejala," terangnya.

Lebih jauh pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini menjelaskan, vaksin COVID-19 bukan satu-satunya cara untuk menghindari penularan COVID-19. Vaksin menurutnya hanya salah satu cara untuk menghindari penularan COVID-19. Yang lebih penting bagi masyarakat adalah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Jika digabungkan protokol kesehatan dan vaksinasi itu akan menghasilkan cara pencegahan penularan (COVID-19) yang lebih efektif lagi," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, per 10 Juni 2021, sebanyak 243.032 warga Banyuwangi telah mendapatkan vaksinasi, yang terdiri atas 172.958 warga gabungan tenaga kesehatan, pelayan publik, serta lansia; lalu 1.501 penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya; dan 68.573 masyarakat umum yang telah mendapat vaksinasi tahap I. Vaksinasi tahap II untuk 243.032 warga itu kini terus berlanjut.

Khusus lansia, sudah 67.945 orang yang divaksin, setara 77,27% dari target yang ditetapkan Pemprov Jatim.

(fat/fat)