Kiai Nawawi Pengasuh Ponpes Sidogiri Wafat, Gus Ipul Sebut Kehilangan Guru-Panutan

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 20:46 WIB
Gus Ipul bertemu Pengasuh Ponpes Sidogiri KH. A Nawawi Abdul Jalil
Gus Ipul dan Kiai Nawawi semasa hidup/Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Pasuruan -

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri KH. A Nawawi Abdul Jalil wafat. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengaku sangat kehilangan.

"Kami kehilangan guru, ulama sepuh karismatik panutan umat," katanya, Minggu (13/6/2021).

Menurut Gus Ipul, Kiai Nawawi adalah panutan. Ulama sepuh yang nasehat dan bimbingannya banyak diharapkan oleh umat Islam.

"Saya bersyukur pernah dibimbing langsung oleh beliau selama lebih dari 10 tahun," lanjut dia.

Gus Ipul mengaku dua minggu lalu sempat sowan Idul Fitri ke Kiai Nawawi. Ia mengaku diberi beberapa nasihat.

"Pihak keluarga masih musyawarah untuk prosesi pemakaman, tunggu penjelasan lebih lanjut. Keluarga akan memberikan penjelasan," pungkasnya.

Ulama kharismatik ini menghembuskan nafas terakhir pada Minggu (13/6/2021) pukul 16.40 WIB. Sebelumnya dirawat Rumah Sakit Lavalette, Malang, sejak Rabu, kemudian pada hari Sabtu malam dipindahkan ke RSUD Bangil, Pasuruan.

Kiai Nawawi merupakan ulama sepuh yang sangat dihormati. Baik masyarakat umum, kalangan ulama maupun tokoh nasional. Kiai Nawawi dikenal sebagai ulama zuhud. KH Nawawi merupakan Mustasyar (Penasihat) PBNU.

Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa). Ahwa yang beranggotakan 9 kiai sepuh yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan NU. Kiai Nawawi menjadi pengasuh Ponpes Sidogiri sejak 2005. Ponpes Sidogiri sendiri dirikan pada tahun 1745 masehi.

(fat/fat)