Meresahkan, Puluhan Motor dan Remaja yang Akan Balap Liar di Tuban Diamankan

Ainur Rofiq - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 13:19 WIB
balap liar di Jalan Soekarno-Hatta Tuban dibubarkan
Puluhan motor akan balap liar diamankan/Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Tuban -

Kerumunan aksi balap liar di Jalan Soekarno-Hatta Tuban, dibubarkan. Sebanyak 44 remaja di lokasi dan 29 unit sepeda motor yang mereka gunakan turut diamankan.

Pembubaran ini menindaklanjuti kejadian tawuran di lokasi yang sama. Bahkan dalam video yang sempat viral di media sosial tampak ratusan pemuda sedang berkerumun tanpa memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) berlanjut dengan saling adu jotos diduga disebabkan oleh aksi balap liar.

Dalam razia pembubaran itu, puluhan personel gabungan dari satuan Intelkam, Reskrim, Samapta dan Satlantas Polres Tuban membubarkan aksi balap liar. Puluhan remaja ini diperbolehkan pulang asalkan dijemput orangtuanya masing-masing.

"Kita sudah sering melakukan penertiban aksi balap liar ini. Karena selain mengganggu juga membahayakan, namun seakan mereka belum jera-jera juga," ujar Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Adhi Makayasa, Minggu (13/6/2021).

Sementara untuk kendaraan yang tidak ada kelengkapan surat-surat, jelas dia, akan diserahkan ke satlantas untuk dilakukan penindakan dengan tilang.

"Untuk kendaraan yang tidak sesuai standar kita minta untuk dilengkapi sesuai standarnya," terangnya.

Aksi balap liar ini memang banyak dikeluhkan para pengguna jalan karena membahayakan dan sangat meresahkan. Penertiban ini dilakukan untuk memberi efek jera.

(fat/fat)