Jemput Bola Vaksinasi Hingga Layani Adminduk, Bupati Ipuk Camping di Perkebunan

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 13:55 WIB
camping embun
Bupati Ipuk di Camping Embun (Foto: Dok. Pemkab Banyuwangi)
Banyuwangi -

Program pelayanan untuk masyarakat kawasan perkebunan, yang lokasi geografisnya cukup jauh dari pusat kecamatan dan pusat kota, terus digeber Pemkab Banyuwangi.

Program bernama 'Camping Embun' (Camping Pelayanan Masyarakat Kebun) tersebut pada Jumat-Sabtu (11-12/6/2021) menyasar Perkebunan Kendenglembu, Kecamatan Glenmore, sekitar 80 menit dari pusat kota.

"Pelayanan warga di kawasan perkebunan kembali kami hadirkan. Sebelumnya di Perkebunan Kopi Malangsari (Kecamatan Kalibaru), Perkebunan Kapuk (Wongsorejo), sekarang di Kendenglembu. Ini upaya kami jemput bola urusan warga," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Perkebunan Kendenglembu, Jumat malam (11/6/2021).

Dalam program Camping Embun, tim pemda bermalam di kawasan perkebunan untuk mengebut penyelesaian urusan warga. Bupati Ipuk tampak ikut bermalam dengan para staf pemda. "Saya ikut bermalam untuk support kawan-kawan pemda," ujarnya.

"Semua gratis ya Pak, Bu. Silakan urus semua kebutuhan, ada layanan pendidikan, kesehatan, dan administrasi kependudukan. Memang kita sesuaikan dengan karakter penduduknya, kalau di Camping Embun sebelumnya juga ada layanan untuk ternak sapi warga," kata Ipuk kepada warga.

"Ke depan akan kami lengkapi dengan pemberdayaan ekonomi, untuk menambah penghasilan Bapak/Ibu," imbuhnya.

Ipuk memaparkan, secara statistik, jumlah warga di kawasan perkebunan jauh lebih sedikit dibanding di pusat desa, pusat kecamatan, atau pusat kota. Meski jumlahnya sedikit, pelayanan jemput bola tetap dilakukan untuk mereka, seperti halnya Pemkab Banyuwangi jemput bola di pusat desa dan kecamatan.

Dalam Camping Embun di Perkebunan Kendenglembu, selain pemeriksaan kesehatan, juga dilakukan vaksinasi COVID-19. Tercatat ada 40 warga lansia di perkebunan yang divaksin.

"Jadi Bapak/Ibu lansia tidak perlu ke Puskesmas, cukup di sekitar rumahnya di perkebunan. Sehat-sehat semua ya. Juga mohon doanya agar seluruh warga Banyuwangi sehat-sehat," pinta Ipuk, yang langsung diamini oleh para lansia di perkebunan.

Selanjutnya
Halaman
1 2