Kolam Utama Mata Air Umbulan Resmi Ditutup untuk Umum

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 21:49 WIB
mata air umbulan
Kolam utama mata air Umbulan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Kolam utama mata air Umbulan, di Desa Umbulan, Winongan, Kabupaten Pasuruan ditutup untuk umum. Sebelumnya, selama bertahun-tahun, kolam ini dimanfaatkan masyarakat sebagai pemandian rakyat.

"Berdasarkan uji secara teratur yang dilakukan PT Meta selaku pelaksana SPAM Umbulan, bakteri e-coli di head pond (kolam utama) tinggi. E-coli ini berasal dari kegiatan manusia, yakni dari usus besar manusia. Di kolam itu kan selama ini untuk mandi, berenang, cuci karpet dan lain-lain," kata Kepala UPT PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Wilayah Sungai Welang Pekalen di Pasuruan, Novita Andriani, Jumat (11/6/2021).

Selain bertujuan agar air di kolam utama steril dari escherichia coli (e-coli), penutupan juga dilakukan untuk memudahkan upaya pemeliharaan. Selama ini, kata Novita, pihaknya terganggu dengan aktivitas manusia ketika akan melakukan pemeliharaan.

"Kedua, kami butuh operasi dan pemeliharaan. Kalau ada kegiatan masyarakat kami tak bisa melakukan operasi. Ganggangnya cukup banyak," jelasnya.

Novita menegaskan, penutupan kolam utama sudah sesuai dengan aturan. Kolam utama memang tak diperuntukkan untuk aktivitas masyarakat umum.

"Sesuai peraturan tak boleh ada kegiatan masyarakat di kanan-kiri kolam. Memang head pond Umbulan itu tidak didesain untuk kolam renang, sangat berbahaya. Jadi untuk keselamatan semuanya. Jadi sebenarnya tak boleh digunakan untuk berenang," terangnya.

Novita menjelaskan, sumber air Umbulan selama ini ditampung di kolam utama. Dari kolam utama, disalurkan ke berbagai lokasi antara lain ke PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, PDAM Kota Pasuruan, irigasi, budidaya perikanan dan terkini ke SPAM Umbulan.

Selanjutnya
Halaman
1 2