COVID-19 Bangkalan Naik, Polda Jatim Sidak Terminal Bungurasih

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 14:33 WIB
Polda Jatim Sidak Terminal Pastikan Calon Penumpang Non Reaktif
Foto: Istimewa (Dok Polda Jatim)
Sidoarjo -

Kasus COVID-19 di Bangkalan Madura mengalami kenaikan. Untuk meminimalisir penularan, Ditlantas Polda Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) di terminal.

Sidak ini untuk memastikan penumpang bus yang ada di Bangkalan telah membawa surat keterangan bebas COVID-19. Sidak ini juga menggandeng Forkopimda Kabupaten Bangkalan.

Selain melakukan pengecekan, petugas juga memberikan imbauan dan edukasi pada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Latif Usman mengatakan petugas melakukan pengecekan surat keterangan bebas COVID-19 pada calon penumpang. Selain itu, pihaknya juga menyediakan swab antigen, untuk memastikan calon penumpang dalam keadaan non reaktif.

"Kita memberikan arahan dan penekanan terhadap petugas di terminal, baik polri maupun dinas perhubungan dan pengelola terminal agar setiap penumpang dilakukan pemeriksaan terutama surat bebas COVID-19," kata Latif di Bangkalan, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, petugas juga mengecek apakah para penumpang menggunakan masker. Jika tidak, petugas menyiapkan masker untuk diberikan pada penumpang yang tidak menggunakan masker.

Di kesempatan yang sama, Latif mengatakan pihaknya juga mengecek fasilitas cuci tangan hingga penyediaan hand sanitizer di terminal.

"Kami mewajibkan penggunaan masker, penyediaan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di dalam terminal," pungkasnya.

(hil/fat)