Marinir TNI AL dan Amerika Serikat Latihan Beri Pertolongan ke Korban Perang

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 20:58 WIB
Prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit masih latihan bersama. Kali ini, mereka latihan memberi pertolongan kepada pasukan korban perang.
Marinir Indonesia dan Amerika berlatih bersama/Foto: Istimewa (dok.Dispen Kormar)
Situbondo -

Prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit masih latihan bersama. Kali ini, mereka latihan memberi pertolongan kepada pasukan korban perang.

Sebab, prajurit beda negara ini tak jarang menjadi pasukan dunia dalam menengahi konflik suatu negara. Latihan ini disebut dengan Tactical Combat Casualiv Care (TCCC).

Mereka berlatih di Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran, Situbondo, Selasa (8/6/2021). Materi latihan tersebut disampaikan oleh Lettu Laut (K) dr Arjun Salahudin dari Yonkes 2 Mar dan HM3 David T dari Reconnaissance.

Dalam latihan ini, kedua pasukan diberikan materi tentang bagaimana cara memberikan pertolongan darurat lapangan kepada pasukan korban perang.

"Mereka diajari cara memberikan pertolongan pertama pada korban luka tembak maupun terkena ledakan ranjau atau bom, serta teori dan praktik penanganan korban patah tulang," ujar Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Supriyono dalam rilis yang diterima detikcom.

Letkol Marinir Supriyono menambahkan, pentingnya materi tersebut dilatihkan, agar pasukan elite ke dua negara itu mengetahui dan sekaligus memahami tentang pertolongan darurat lapangan pada saat terjadi pertempuran. Selain itu materi ini juga untuk mencegah korban jiwa saat terjadi kecelakaan di medan perang, sebelum mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter.


"Tujuan agar setiap prajurit yang terlibat dalam latihan dapat mengenal dan sekaligus mengerti cara penggunaannya tentang alat-alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pertolongan darurat lapangan," imbuhnya.

Latihan bersama dua tahun sekali antara Korps Marinir TNI AL dan USMC ini sebagai implementasi kesepakatan antara pemerintah RI dengan pemerintah Amerika Serikat, untuk memperkuat kerja sama bilateral bidang pertahanan.

Melalui keterangan pers yang diterima detikcom, latihan dengan sandi Reconex 21-II digelar sejak tanggal 3-17 Juni 2021 mendatang. Ada dua lokasi latihan. Yakni di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi.

(sun/bdh)