Demokrat Jatim Sowan ke Golkar, Penjajakan AHY-Airlangga?

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 13:25 WIB
Plt Ketua DPD PD Jatim Emil Elestianto Dardak
Emil Dardak saat bertemu Ketua DPD I Golkar Jatim, Sumarji (Foto: Faiq Azmi/File)
Surabaya -

Duet dua ketua umum partai Demokrat dan Golkar, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Airlangga Hartarto untuk Pilpres 2024 mengemuka. Duet AHY-Airlangga ini diibaratkan nostalgia kemesraan Demokrat dengan Golkar saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berduet dengan Jusuf Kalla (JK) berhasil terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2004.

Bak gayung bersambut, pengurus Partai Demokrat Jatim 'sowan' ke markas DPD I Golkar Jatim pada Senin (7/6) malam. Pertemuan ini dihadiri masing-masing pimpinan partai beserta pengurus.

Ketua Golkar Jatim Sarmuji tidak menampik adanya peluang-peluang koalisi AHY-Airlangga atau pun sebaliknya. Namun, ia menekankan, belum ada keputusan final.

"Airlangga-AHY, sebenarnya kombinasi-kombinasi itu masih cair. Belum ada kombinasi yang semi permanen aja belum ada. Selebihnya waktu dan kesempatan (ditunggu)," ujar Sarmuji kepada detikcom, Selasa (8/6/2021).

Sarmuji menegaskan Golkar dan Demokrat memiliki hubungan yang bersahabat. Bahkan, seringkali berkoalisi bersama terkhusus di wilayah Jatim.

"Ini pertemuan persahabatan, kita ganyeng sekali. Parpol itu tidak selalu kompetisi, tapi juga kolaborasi. Pertama kita sepakat memperbaiki citra parpol di masyarakat. Kedua kita sebagai parpol pendukung Pemprov Khofifah-Emil, kita sepakat meningkatkan kerjasama bagaimana memberikan yang terbaik untuk Jatim sekaligus, kita punya komitmen mengawal kepemimpinan ini sampai selesai masa jabatan," beber Sarmuji.

"Ketiga, sebagai parpol kita harus kerjasama dalam banyak momentum politik penting berikutnya. Kita gak tahu bagaimana nanti komunikasi di atas urusan Pilpres nanti pasti ada saatnya. Tapi rintisan kerjasama ini akan sangat menentukan mau nanti kita satu koalisi atau tidak koalisi, tapi sebagai hubungan parpol harus dijaga dengan baik," sambung Sarmuji.

Plt Ketua Demokrat Jatim Emil Dardak menyampaikan terima kasih kepada Golkar Jatim atas sambutan yang hangat. Emil menyebut, Demokrat-Golkar seperti keluarga.

Selanjutnya
Halaman
1 2