Satu Keluarga Terdiri 5 Orang di Jember Positif COVID-19

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 14:55 WIB
covid-19 di jember
Foto: Tangkapan layar
Jember -

Satu keluarga di Jember terdiri atas 5 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Keluarga tersebut merupakan warga Kecamatan Tanggul.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Jember Wiwik Supartiwi mengatakan terungkapnya klaster keluarga itu berawal saat salah satu anggota keluarga tersebut melakukan tes antigen. Anggota keluarga ini merupakan anggota TNI yang berdinas di Jakarta.

"Tes antigen dilakukan karena yang bersangkutan hendak kembali berdinas di Jakarta," kata Wiwik, Senin (7/6/2021).

Hasil tes antigen menunjukkan anggota TNI ini positif. Hasil ini lalu ditindaklanjuti dengan tes swab yang diketahui hasilnya juga positif.

"(Tes Antigen) terkonfirmasi positif dan dilanjutkan swab test, yang hasilnya juga positif," kata Wiwik.

Akhirnya, dilakukan swab test terhadap satu keluarga yang tinggal serumah dengan anggota TNI ini. Mereka terdiri atas istri, mertua laki-laki, dan perempuan serta adik ipar.

Hasilnya, semuanya terkonfirmasi positif. Seluruh anggota keluarga itu saat ini melakukan karantina mandiri, karena masuk dalam orang tanpa gejala (OTG).

Tim Satgas COVID-19 saat ini terus melakukan tracing untuk menelusuri orang-orang yang memiliki kontak erat dengan satu keluarga ini. Termasuk karyawan di tempat mereka bekerja.

"Yakni di wilayah sekolah tempat salah seorang pasien mengajar, dan juga wilayah tempat kerja. Kita sudah koordinasi untuk upaya tracing ini," pungkas Wiwik.

Simak juga video '5 Provinsi Ini Sumbang 65% Kasus Aktif Corona Nasional':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)