Menpora Targetkan Timnas Sepak Bola Raih Emas di Sea Games 2021

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 18:59 WIB
Menpora Zainudin Amali menyatakan, Timnas Sepak Bola Indonesia mulai menunjukkan hasil positif di bawah kepelatihan Shin Tae-Yong. Ia menargetkan Timnas meraih emas Sea Games 2021.
Menpora Zainudin Amali/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

Menpora Zainudin Amali menyatakan, Timnas Sepak Bola Indonesia mulai menunjukkan hasil positif di bawah kepelatihan Shin Tae-Yong. Ia menargetkan Timnas meraih emas Sea Games 2021.

"Mohon dukungan, karena pemerintah sangat serius. Kita sudah lihat hasil dari pembinaan yang walaupun baru kita mulai. Karena keseriusan kita, sinergitas antara pemerintah dan federasi dengan PSSI di bawah arahan Pak Presiden yang sangat konsen terhadap sepak bola kita. Kita sudah bisa melihat anak-anak Timnas kita yang dipersiapkan waktu singkat sudah menunjukkan hasilnya," ujar Zainudin usai membuka sosialisasi Inpres Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Sepak Bola Nasional di Hotel Vasa, Kota Surabaya, Sabtu (5/6/2021).

Zainudin menargetkan, cabor sepak bola bisa menyumbangkan emas pada ajang Sea Games 2021 nanti. Target tersebut dinilai Zainudin tidak muluk. Apalagi, melihat gaya permainan Timnas Indonesia saat bermain imbang 2-2 melawan Thailand, dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia.

"Mohon dukungan dan doanya. Target kita Sea Games nanti, sepak bola kita menyumbangkan emas," terangnya.

Dalam sosialisasi Inpres Nomor 3 Tahun 2019, Zainudin menyampaikan, pemerintah sangat serius membangun sepak bola. Meski dalam situasi pandemi COVID-19, kegiatan sepak bola tidak boleh berhenti.

"Arahan Pak Presiden, karena saat ini pandemi, prokes harus disiplin, tetapi kegiatan olahraga khususnya sepak bola gak boleh berhenti. Beliau sudah memonitor Piala Menpora, dan beliau sampaikan apresiasi para suporter yang patuh, karena menonton di rumah. Terbaru, Liga 1 dan Liga 2 sudah diizinkan Kapolri, dan akan saya teruskan ke PSSI," ujarnya.

Zainudin menambahkan, dirinya mengawali sosialisasi Inpres di Jatim, karena ada 5 klub sepak bola yang berlaga di Liga 1 berasal dari Jatim. Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap terus adanya penguatan kepada para pemain dan pelatih di Jatim, agar menjadi atlet unggulan tingkat nasional.

"Tentu kami menyampaikan terima kasih sosialisasi Inpres Nomor 3 Tahun 2019, diawali dari Jatim. Tentu ini semangat baru bagi 5 klub yang ada di Jatim masuk Liga 1. Kita berharap menjadi bagian kekuatan industri besar di sepak bola pada perhelatannya. Kami berharap sinergitas penguatan seluruh pemain, pelatih di Jatim agar jadi andalan dan unggulan tingkat nasional," pungkasnya.

(sun/bdh)