Surprise, Bupati Ipuk Dapat Lukisan dari Pelukis Tunadaksa

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 13:38 WIB
Bupati Ipuk Dapat Surprise dari Pelukis Kaki
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendapat kejutan dari pelukis difabel. Saat itu Ipuk beraktivitas di Desa (Bunga Desa) Singolatren, Kecamatan Singojuruh. Pelukis tuna daksa itu menyerahkan lukisan wajah bupati hasil karyanya sendiri.

"Saat saya mendengar ibu mau ke desa kami, saya langsung membuat lukisan ini," ungkap sang pelukis, Lukman Hakim, sembari menyerahkan lukisan cat minyak bergambar Bupati Ipuk mengenakan pakaian dinas resmi untuk upacara besar, Kamis (3/6/2021).

Lukman mengaku butuh waktu empat hari untuk merampungkan lukisannya tersebut. Tak kurang dari 7 jam ia habiskan di depan kanvas. "Saya lembur. Mulai jam 2 malam sampai jam 9 pagi. Begitu terus selama 4 hari," aku lelaki berusia 29 tahun itu.

Lukman merupakan pelukis difabel yang cukup dikenal. Tak seperti pelukis pada umumnya yang menggunakan tangan, ia justru menggunakan kakinya. Keterbatasan pada tangannya tak membuat bakat seninya surut.

"Sejak kecil saya sudah senang menggambar. Hobi itu saya terus asah secara otodidak," ungkapnya.

Dari hobinya tersebut, Lukman sejak 2013, telah menjadi pelukis profesional. Banyak pesanan yang ia dapatkan. Dari sana kemudian menjadi ladang penghasilannya. Banyak sosok penting yang telah dilukisnya. Selain Bupati Banyuwangi, ia juga pernah melukis Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah pejabat lain yang pernah berkunjung ke Banyuwangi.

Selanjutnya
Halaman
1 2