Mahasiswa Praktikum Unair Kuliah Tatap Muka dengan Prokes Ketat

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 11:49 WIB
Direktur Pendidikan Unair Prof Dr Sukardiman
Direktur Pendidikan Unair Prof Dr Sukardiman/Foto: Istimewa
Surabaya -

Kuliah tatap muka belum pasti kapan akan dimulai. Namun, beberapa perguruan tinggi sudah melakukan persiapan, mulai dari protokol kesehatan (prokes) hingga kesehatan dosen atau pengajar.

Seperti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, yang sudah mempersiapkan kuliah tatap muka dengan protokol kesehatan ketat. Namun, saat ini yang diprioritaskan ialah mahasiswa praktikum.

"Betul seperti pada SE Rektor 2021, jika mata kuliah yang capaian pembelajarannya adalah salah satunya soft skill, maka diperkenankan melakukan kegiatan luring dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat," kata Direktur Pendidikan Unair Prof Dr Sukardiman saat dihubungi detikcom, Kamis (3/6/2021).

Sukardiman mengatakan, ada pembelajaran dari beberapa fakultas yang capaian pembelajarannya menuntut soft skill atau praktikum. Seperti Fakultas Kesehatan yang sudah dimulai pada pertengahan April 2021 hingga saat ini.

"Seperti mahasiswa Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Farmasi, Keperawatan, kegiatan kuliah bisa dalam bentuk praktikum, praktik klinik, PKL. Ya, sudah dimulai setelah UTS ini (pertengahan April) sampai sekarang," jelasnya.

Persiapannya, dosen atau pengajar sudah vaksinasi COVID-19 dan tes usap, untuk memastikan para pengajar tidak sedang terindikasi virus Corona. Kemudian untuk mahasiswa, ada dua hal yang harus dipenuhi.

"Persiapan mahasiswa harus mengikuti SOP protokol kesehatan ketat yang ada, untuk kegiatan praktikum tatap muka. Pertama izin orang tua, kedua rapid antigen," ujarnya.

Sementara untuk seluruh mahasiswa selain praktikum, masih belum ada persiapan dari Unair. "Belum ada persiapan untuk mahasiswa selain praktikum," pungkasnya.

(sun/bdh)