Pekerja RHU di Surabaya Mulai Divaksin COVID-19

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 15:50 WIB
Pemkot Surabaya melakukan vaksinasi COVID-19 kepada karyawan Rekreasi Hiburan Umum (RHU). Mereka yang divaksin telah lolos asesmen dari Satgas COVID-19 setempat.
Vaksinasi COVID-19 di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Pemkot Surabaya melakukan vaksinasi COVID-19 kepada karyawan Rekreasi Hiburan Umum (RHU). Mereka yang divaksin telah lolos asesmen dari Satgas COVID-19 setempat.

Salah satunya RHU di Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. Sebanyak 47 karyawan divaksin di Puskesmas Rangkah, Tambaksari. Tiga pilar Kecamatan Tambaksari juga memantau langsung proses vaksinasi tersebut. Seperti Camat Tambkasari Ridwan Mubarun dan Kapolsek Tambaksari Kompol M Akhyar.

Plt Kepala Puskesmas Rangkah, Tambaksari dr Dwiastuti Setyorini mengatakan, salah satu sasaran vaksinasi COVID-19 di pekan ini yakni RHU.

"Jadi masuk dalam layanan masyarakat yaitu upayanya dengan memberikan vaksinasi pada hari ini di dosis pertama. Hari ini kita mendapatkan data dari Dinas Kesehatan 47 sasaran yang harus kita vaksin Puskesmas Rangkah," kata Dwiastuti kepada wartawan di Puskesmas Rangkah, Rabu (2/6/2021).

Dwiastuti menambahkan, data pekerja RHU yang akan divaksin merupakan data Dinas Pariwisata dan juga dari Dinkes Kota Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, Ridwan Mubarun menyampaikan, para pekerja pariwisata maupun pekerja RHU akan menjalani vaksinasi COVID-19 setelah lolos asesmen, dan telah menandatangani pakta integritas di Pemkot Surabaya.

"Lolos asesmen, sudah menandatangani pakta integritas. Kan diperbolehkan operasional, sebelum operasional divaksin dulu karyawannya," ungkap Ridwan.

Di Kecamatan Tambaksari, Ridwan menambahkan, ada 8 RHU. Namun baru dua yang dinyatakan lolos asesmen dan telah menandatangani pakta integritas di Pemkot Surabaya.

Lebih lanjut Ridwan menjelaskan, ini merupakan salah satu langkah untuk membangkitkan ekonomi kembali. Tahapannya RHU yang akan buka kembali harus lolos asesmen oleh Satgas COVID-19 Kota Surabaya, selanjutnya menandatangani pakta integritas.

"Setelah menandatangani pakta integritas, karyawan dan karyawati sebagai langkah demi keselamatan warga mereka harus divaksin. Sehingga kita berharap kehidupan ekonomi yang dulu sebelum ada pandemi bisa berjalan seperti semestinya itu bisa terjadi," imbuh Ridwan.