Round-Up

Buntut Viral Dua Akun yang Ancam Dokter di Ponorogo

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 10:33 WIB
akun facebook ancam dokter
Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Dua akun facebook mengancam dokter di Ponorogo viral. Dua akun ini mengancam lewat komentar dengan kata-kata kasar disertai rencana hendak berbuat kekerasan. Dua akun facebook ini atas nama 'Hery Dlondonge Wong Keling' dan 'Agus Roslan'.

"Golek i ae dokter e terus di tekek opo di sontek mati.... Ben kapok... Covid e wis ilang tpi dokter sing sik ngetokne virus iki langsung ae di golek i sopo sing nangani pasien terus di idak cengel e ben ra kesuwen," bunyi ancaman dari akun Hery Dlondonge Wong Keling.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ponorogo Aris Cahyono menyoroti permasalahan ini. Aris mengaku prihatin dengan adanya hujatan dan ancaman yang ditujukan ke Tenaga Kesehatan (nakes).

"Padahal nakes bekerja sebagai garda terdepan, (ancaman) ini menambah beban moral kita," tutur Aris kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Menurut Aris, adanya ancaman itu diharapkan tidak mempengaruhi kinerja para nakes. Dia pun meminta para dokter menyikapi dengan kepala dingin.

"Pemahaman masyarakat terhadap COVID-19 berbeda sehingga menentukan sikap di media sosial," imbuh Aris.

Aris menambahkan ada orang yang tahu betul soal COVID-19 ini dengan mencari sendiri informasi. Tapi ada juga masyarakat yang setengah tahu tapi gampang terprovokasi dan ikut-ikutan. Jadi pemahaman masyarakat akan menentukan sikapnya terutama di media sosial.

Apalagi soal istilah 'dicovidkan', Aris menegaskan tidak ada istilah tersebut di dunia medis. Status COVID-19 pasien ditentukan berdasarkan tes.

Simak juga 'Detik-detik Pemuda Maki Nakes RSA UGM yang Viral':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2