5 Kambing yang Mati Misterius di Banyuwangi Diduga Dimangsa Macan Bakau

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 16:44 WIB
Banyuwangi -

Lima kambing mati misterius di Banyuwangi pada Minggu (30/5). Kini, polisi melakukan penyelidikan terkait matinya hewan ternak warga tersebut.

Lima kambing tersebut milik Yusuf (48), warga Dusun Persen, Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Garis polisi juga sudah terpasang di kandang milik warga tersebut.

Semua kambing yang mati mengalami luka yang sama, yakni seperti bekas gigitan pada bagian leher, perut dan paha. Anehnya, daging domba yang mati itu utuh.

Hanya salah satu kambing yang hilang organ dalamnya. Dugaan awal, lima domba yang mati itu diserang kawanan hewan buas.

Meski begitu, polisi melakukan penyelidikan. Polisi melakukan olah TKP dan menutup kandang dengan police line.

"Kita masih selidiki. Info awal kambing ini mati diduga diserang binatang buas," ujar AKP Bambang Suprapto, Kapolsek Tegaldlimo kepada detikcom, Senin (31/5/2021).

Menurut Bambang, pemilik kambing sempat mengecek dan memberi makan hewan ternak tersebut pada Minggu (30/5) sekitar pukul 01.00 WIB. Saat itu domba dalam keadaan sehat dan kandangnya juga dalam keadaan baik. Selanjutnya dia berangkat melaut.

"Sekitar pukul 10.00 WIB, saat pulang dari melaut dia mendapati dombanya dalam keadaan mati," jelasnya.

Polsek Tegaldlimo juga sudah mengecek lokasi kejadian. Hasil olah TKP, di luar kandang ditemukan jejak kaki hewan lain. Dugaan sementara, kambing tersebut dimangsa binatang buas. Lokasi kandang hanya berjarak sekitar 200 meter dari hutan bakau.

"Diperkirakan hewan ternak kambing tersebut dimangsa macan bakau, melihat lokasi rumah korban berada di pinggir hutan bakau," terangnya.

Sebagai langkah antisipasi, masyarakat diminta lebih waspada. Yakni dengan memberikan penerangan di sekitar kandang hewan ternak.

"Kita undang BKSDA dan pihak Taman Nasional untuk berkoordinasi dan memastikan pemangsa dari ternak warga. Kita lakukan penyelidikan bareng," pungkasnya.

(sun/bdh)