Viral Seserahan Pernikahan 'Sultan' Nganjuk, Sapi Hingga Hasil Bumi

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 14:59 WIB
Nganjuk -

Video seserahan pernikahan seorang 'sultan' di Ngajuk viral di media sosial. Disebut sultan karena seserahan tersebut terdiri dari sedikitnya empat ekor sapi, perabot rumah tangga, dan gunungan hasil bumi.

Video itu viral di akun instagram Ndorobeii. Ada tiga video yang diunggah di akun tersebut.

Pada video pertama tampak calon pengantin pria mengenakan jas warna hitam berdasi disambut oleh pasangan calon mertua atau orang tua pengantin wanita. Calon pengantin pria sungkem kepada calon mertua. Sang mertua wanita juga tampak memberikan minum dan menyiram kepala sapi dengan air yang ditempatkan di gayung tempurung kelapa dengan diwakilkan oleh pengurus sapi.

seserahan sultan nganjukHasil bumi seserahan 'sultan' Nganjuk (Foto: Tangkapan layar)

Usai memberikan minum dan menyiram kepala, sapi yang diberi kalung selendang warna kuning pada lehernya digelandang oleh sang mertua ke arah tenda depan rumah. Dari empat ekor sapi tersebut tersebut terdiri dua induk dan dua anak.

Pada video lainnya selain empat ekor sapi, seserahan pernikahan juga berupa hasil bumi yang dibuat gunungan. Hasil bumi lain hasil pertanian juga tampak ditaruh di iringan empat kendaraan roda tiga yang dihias janur kuning. Tampak juga kursi sofa di atas kendaraan.

Caption pada video tersebut adalah 'Seserahan sultan nganjuk. Lokasi : Brebek, Nganjuk, Jawa Timur. Vidio : Langgeng_wedding.

Acara hantaran pengantin 'sultan' tersebut dibenarkan oleh Sutoyo (55), calon mertua dari pengantin pria, warga Desa Sendangbumen, Kecamatan, Berbek Nganjuk.

"Betul itu hantaran dari menantu saya bawa empat ekor sapi dan hasil palawija,' ujar Sutoyo saat dikonfirmasi detikcom Sabtu (30/5/2021).

Sutoyo mengatakan acara seserahan tersebut terjadi pada 23 Mei 2021 sebelum acara resepsi pernikahan 24 Mei 2021.

"Itu kemarin tanggal 23 Mei seserahan acaranya. Anak kedua saya dinikahi warga Babadan Nganjuk juga," kata Sutoyo.

(iwd/iwd)