Ini Temuan Polisi di Rumah Penipu Kades: Lencana BIN, Kartu Wantannas hingga Senjata

Yakub Mulyono - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 11:17 WIB
Polisi Temukan Senjata, Lencana BIN dan  Kartu Wantannas dari Rumah Penipu Kades Rp 4,7 M
Polisi amankan senjata yang digunakan penipu kades di Jember (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Jember -

Sejumlah temuan terungkap saat polisi melakukan penggeledahan di rumah Fitroni Ramadhani alias Gus Dani. Dia merupakan tersangka penipuan seorang kades di Jember hingga mencapai Rp 4,7 mliar.

Dari rumah Gus Dani, polisi menemukan 2 senjata yakni jenis revolver dan satu senjata laras panjang. Tak hanya itu, polisi juga menemukan 2 lencana Badan Intelejen Negara (BIN) dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Bahkan, polisi juga menemukan sebuah ID Card Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI dengan foto terangka Gus Dani.

"Tersangka (Gus Dani) mengaku sebagai anggota Wantannas. Tersangka mengaku (ID Card Wantannas) itu ngeprint sendiri nyetak sendiri," jelas Wakapolres Jember Kompol Kadek Ary Mahardika, Kamis (27/5/2021).

Sementara untuk barang bukti senjata jenis revolver adalah korek api yang dibeli tersangka secara online. "Kalau untuk senjata laras panjangnya itu adalah air softgun," tambah Kadek.

Kadek menjelaskan, 2 lencana yang turut diamankan dari rumah Gus Dani juga diduga palsu. Semua aksesoris mulai dari senjata, ID Card Wantannas hingga lencana BIN dan BNN, hanya akal-akalan tersangka untuk memuluskan aksinya.

"Perlengkapan maupun aksesoris yang kita sita sebagai barang bukti, tidak selalu dipakai oleh tersangka. Namun jika sewaktu waktu korban tanya, perlengkapan atau aksesoris itu ditunjukkan untuk meyakinkan korban," ungkap Kadek.

Saat ini, pihaknya masih terus mendalami keterangan dari tersangka penipuan di Jember ini. "Apakah ada korban lain dalam kasus ini, masih kita dalami dan kita kembangkan," pungkas Kadek.

Fitroni Ramadhani alias Dani (39) warga Dusun Teko'an, Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, dibekuk petugas Polres Jember. Dia diduga kuat menipu M Soleh Kades Lojejer, Kecamatan Wuluhan, hingga mencapai Rp 4,7 Miliar. Tersangka yang akrab disapa Gus Dani ini mengaku sebagai keluarga mantan Kapolri Jenderal Pol Purnawirawan Badrodin Haiti.

Lihat juga video 'Modus Bos Arisan Lebaran Tipu Emak-emak hingga Rp 1 M':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)