Tempat Wisata di Magetan Naik 20 Persen saat Libur Waisak

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 09:00 WIB
Momen libur Perayaan Hari Raya Waisak sejumlah lokasi wisata di Magetan dibanjiri pengunjung. Di antaranya Mojosemi Forest Park dan Telaga Sarangan. Momen ini dimanfaatkan polisi melakukan sosialisasi dan patroli protokol kesehatan (Prokes).
Foto: Sugeng Harianto
Magetan -

Momen Perayaan Hari Raya Waisak sejumlah lokasi wisata di Magetan dibanjiri pengunjung. Di antaranya Mojosemi Forest Park dan Telaga Sarangan. Momen ini dimanfaatkan polisi melakukan sosialisasi dan patroli protokol kesehatan (Prokes).

Kasat Lantas Polres Magetan AKP Jumianto Nugroho mengatakan, libur Waisak sejumlah destinasi wisata ramai. Pihaknya melakukan patroli dan sosialisasi protokol kesehatan. Kegiatan ini dikemas sebagai blusukan polisi mencegah COVID-19.

"Memang ada peningkatan pengunjung sehingga kita blusukan. Tujuannya untuk menghindari kerumunan kita blusukan sosialisasi untuk tetap sesuai protokol kesehatan kepada semua pengunjung wisata," ujar Jumianto Nugroho kepada detikcom, Kamis (27/5/2021).

Peningkatan jumlah pengunjung, kata dia, mencapai 20 persen dibanding saat masa larangan mudik. Pengunjung yang datang, lanjut Nugroho, rata-rata dari lokal Magetan dan sekitarnya.

"Untuk info dari pengelolaan wisata ada peningkatan 20 persen dibanding saat libur lebaran. Tapi pengunjung hanya lokal Magetan dan sekitarnya," kata Nugroho.

Nugroho mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi melibatkan manusia patung dan pocong yang melakukan aksi teatrikal.

"Kita memakai sarana teaterikal pocong dan manusia patung silverman untuk membagikan masker kepada pengunjung yang tidak memakai. Menjelaskan bahwa hantu pocong yang kita libatkan merupakan korban COVID-19," jelas Nugroho.

Sementara pengelola Wisata Mojosemi Forest Park Magetan membenarkan jumlah pengunjung naik 20 persen dibanding saat larangan mudik. Dalam sehari pascalarangan mudik jumlah pengunjung rata-rata sehari mencapai 650 orang.

"Dari hitungan sementara kurang lebih kunjungan per hari rata-rata di angka 650 orang mulai tanggal 18 Mei kemarin. Dibanding sebelumnya naik 20 persen," jelas Manager Wisata Mojosemi Forest Park, Rudi Hariyanto, kepada detikcom.

Pantauan detikcom, pengunjung yang datang tampak menyambut sosialisasi protokol kesehatan oleh Satlantas Polres Magetan. "Senang diberi imbauan dan bisa foto bareng dengan pocong dan manusia silver," ucap Agus, pengunjung asal Madiun.

(fat/fat)