Ibadah Umat Buddha di Surabaya Dibatasi dan Patuh Protokol Kesehatan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 14:03 WIB
Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2021 di Surabaya berlangsung sederhana. Jumlah umat yang datang di viraha pun dibatasi.
Ibadah Hari Waisak dibatasi (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)

"Memang panitia untuk untuk membatasi dan mengetahui umat yang hadir harus daftar dulu. Iya (disiarkan) online juga. Jadi untuk para umat yang belum hadir bisa mengikuti secara online," ujar Biksu Dharma Maitri Mahathera.

Biksu Dharma Maitri Mahathera menambahkan tiga peristiwa penting yang terjadi masa kehidupan sang Buddha disambut dengan antusias, meski dalam masa pandemi COVID-19. Para umat antusias menyambut perayaan Trisuci Waisak tahun ini.

"Terbukti banyak sekali para umat dari beberapa tempat untuk hadir bersama-sama menyambut datangnya tri suci waisak ini," lanjutnya.

Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2021 di Surabaya berlangsung sederhana. Jumlah umat yang datang di viraha pun dibatasi.Peringatan Hari Raya Trisuci Waisak 2021 di Surabaya/ Foto: Deny Prastyo Utomo

Biksu Dharma Maitri Mahathera menyampaikan pada Perayaan Trisuci Waisak tahun ini, tema yang diangkat dari Sangha Agung Indonesia dan Majelis Buddayana Indonesia adalah 'Eling dan Waspada Membangun Kepedulian'.

"Dengan diangkatnya tema ini, di tengah-tengah masa pandemi agar segenap umat buddha mempunyai kepekaan sosial untuk membantu beban penderitaan saudara-saudara kita yang terkena dampak pandemi COVID-19," ungkapnya.

Sementara pada perayaan Trisuci Waisak 2021, Biksu Dharma Maitri Mahathera berharap pandemi COVID-19 segera berakhir dan semuanya bisa beraktivitas normal kembali.

"Semoga dengan datangnya waisak, berkah waisak ini pandemi bisa segera berlalu dan kita bisa beraktivitas secara normal," tandasnya.


(fat/fat)