Utang Mantan Guru TK di Malang ke Pinjol Ilegal Tersisa Rp 19 Juta

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 12:45 WIB
Diintimidasi 24 Debt Collector, Guru TK di Malang Lapor Polisi
S didampingi kuasa hukumnya (Foto file: Muhammad Aminudin)
Kota Malang -

S (32), mantan guru TK di Kota Malang kini tinggal membayar utang di pinjaman online (Pinjol) ilegal atau yang tak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jumlahnya sekitar 19 pinjol, dengan total utang pokok sebesar kurang lebih Rp 19 juta.

Sebelumnya, S bersama kuasa hukumnya meminta bantuan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) untuk membayar pinjaman di pinjol legal. Ada empat pinjol dengan total utang pokok sebesar Rp 7.103.440. Karena pinjaman pokok di satu pinjol lainnya, sudah dibayar sendiri oleh S.

"Untuk empat pinjol legal jumlahnya pinjaman pokok sebesar Rp 7.103.440, karena satu pinjol sebelumnya sudah saya bayar pinjamannya," kata S kepada detikcom, Selasa (25/5/2021).

Tanpa dikira, empat pinjol legal tempat S meminjam dana secara bersamaan memilih untuk merelakan utang S. Baik itu, bunga, pokok maupun denda dari pinjaman.

"Saat kami dihubungi, mereka kompak untuk tidak menagih atau melunaskan pinjaman ibu S. Sebelumnya kami dibantu AFPI untuk bisa menghubungi empat pinjol tersebut," kata kuasa hukum S, Slamet Yuono.

Dibantu Slamet Yuono, S tengah berupaya menghubungi 19 pinjol ilegal tempat dirinya juga memiliki pinjaman. Rencananya, pelunasan hutang hanya untuk pinjaman pokok saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2