Petani Situbondo Kembangkan Padi Varietas Baru, Ini Hasilnya

Chuk Shatu Widarsa - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 08:39 WIB
Petani di Situbondo Kembangkan Padi Varietas Baru, Hasilkan 2X Lipat Dari Normalnya
(Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikcom)
Situbondo -

Seorang petani di Situbondo mencoba mengembangkan varietas padi baru. Konon, padi ini per satu batang berisi 700 bulir dan menghasilkan gabah 2 kali lipat dari biasanya. Seperti apa?

Adalah Tirto, warga Desa/Kecamatan Kapongan, Situbondo. Pada tahap awal, dirinya mencoba menanam padi varietas baru bernama BK-700 tersebut seluas 2 hektar lebih.

"Dalam satu hektarnya, jenis ini dapat menghasilkan padi sekitar 10-15 ton gabah," kata Tirto, saat ditemui detikcom di lokasi sawahnya, Selasa (25/5/2021).

Lebih jauh ia memaparkan, hasil itu memang cukup menjanjikan karena melebihi hasil dari varietas lain atau padi kebanyakan, yakni menghasilkan sebanyak 6-7 ton per hektar.

"Dalam satu hektar saya hanya menggunakan sekitar 50 kg untuk bibit. Itu pun satu rumpun hanya berisi 4-5 batang," ujarnya.

Padahal, jika saja dalam satu rumpun benih yang ditanam mencapai 8-10 batang dapat menghasilkan sekitar 15 ton per hektar. Kendati bibit yang dibutuhkan pasti lebih banyak, yakni 60 kg per hektar.

"Hanya saja, varietas ini memang ada sedikit kelemahan. Yaitu jadi incaran burung. Karena memang bendera daunnya minim sekali. Sehingga bulirnya tampak mencolok bagi burung," tandas Tirto.

Sementara Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pihaknya langsung memantau secara khusus perkembangan padi varietas BK-700 tersebut. Karena sangat tertarik dengan produk yang dihasilkan.

"Jika hasilnya memang bagus, kami ingin kembangkan jenis ini di daerah lain, dengan luasan yang lebih besar. Untuk mendukung swasembada padi," kata Karna Suswandi, ditemui wartawan saat meninjau langsung lokasi lahan persawahan padi baru.

Varietas padi BK-700 tersebut andalan atau rumpun batangnya memang tidak terlalu banyak. sehingga proses penanamannya harus lebih banyak. Sehingga diperlukan bibit yang agak banyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(fat/fat)