Saat Pengendara di Gresik Diminta Pakai Masker Oleh 'Pocong'

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 00:12 WIB
Polisi di Gresik terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya COVID-19. Upaya itu dilakukan agar kasus COVID-19 di Gresik bisa terus ditekan.
Sosialisasi bahaya COVID-19 di Gresik/Foto: Istimewa
Gresik -

Polisi di Gresik terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya COVID-19. Upaya itu dilakukan agar kasus COVID-19 di Gresik bisa terus ditekan.

Sosialisasi itu digelar Satlantas Polres Gresik saat pengetatan penyekatan antisipasi arus balik Lebaran, di check point exit Tol Kebomas. Ada petugas yang memakai kostum pocong dan kostum virus Corona, untuk mengingatkan masyarakat soal bahaya COVID-19

Pengendara yang akan masuk wilayah Gresik dilakukan pengecekan surat kelengkapan perjalanan, serta surat bebas COVID-19.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kasat Lantas AKP Yanto Mulyanto mengatakan, kegiatan itu untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya COVID-19. Agar semuanya tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk antisipasi terjadinya penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Gresik. Petugas menggunakan APD lengkap dan saat pemeriksaan dengan thermal gun serta rapid antigen, pengendara tidak ada yang reaktif dan normal semua," kata Yanto Mulyanto, Jumat (21/5/2021).

Yanto menambahkan, dengan menghadirkan petugas berkostum pocong dan kuntilanak, para pengguna jalan merasa terhibur dan sadar bahwa virus Corona masih mengancam.

"Para pengendara ada yang kaget dan tiba-tiba berhenti. Bagi mereka yang tidak menggunakan masker langsung kami berikan masker dan kami imbau tetap mematuhi protokol kesehatan," ungkap Yanto.

Kegiatan itu dilakukan sejak pagi tadi. Puluhan kendaraan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dan banyak kendaraan diputar balik oleh petugas.

(sun/bdh)