Nama Bupati Lamongan Dicatut Tawarkan Bantuan Pinjaman Dana

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 11:40 WIB
Nama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dicatut sebagai nama sebuah akun Facebook. Dalam sebuah unggahan, akun tersebut menawarkan bantuan pinjaman dana.
Nama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dicatut sebagai nama sebuah akun Facebook/Foto: Tangkapan Layar
Lamongan -

Nama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dicatut sebagai nama sebuah akun Facebook. Dalam sebuah unggahan, akun tersebut menawarkan bantuan pinjaman dana.

Tidak sekadar menawarkan bantuan dana pinjaman, akun ini juga mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun menyebut dirinya sebagai Bupati Lamongan.

"ASSALAMUALAIKUM, Wr Wb, saya dari Bupati Lamongan, akan memberikan bantuan kepada orang yang ingin meminjam dana, dan insyallah saya akan memudahkannya, hanya untuk orang yang membutuhkan saja, info selanjutnya WA/089628419114," tulis akun yang mengatasnamakan Bupati Lamongan, seperti yang dilihat detikcom, Kamis (20/5/2021).

Saat dikonfirmasi wartawan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi atau yang akrab disapa Pak Yes menegaskan akun Facebook tersebut bukan miliknya. Ia mengaku sudah menonaktifkan semua akun Facebook-nya.

"Itu bukan akun saya. Saya pastikan akun serta posting-an itu hoaks alias tidak benar," kata Pak Yes pada wartawan.

Yuhronur kemudian berpesan pada masyarakat Lamongan maupun teman dan relasi serta semua pihak, agar tidak terpengaruh dengan unggahan abal-abal itu. Selain itu, Pak Yes juga meminta agar posting-an tersebut diabaikan saja.

"Posting-an yang ada nama dan foto saya di Facebook itu tidak benar. Jadi, diabaikan saja," ujar Pak Yes.

Beberapa waktu lalu, unggahan di Facebook dengan mencatut nama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi juga sempat terjadi. Ketika itu, akun abal-abal atas nama Yuhronur Efendi tersebut digunakan orang yang tidak bertanggung jawab untuk meminta sejumlah uang.

(sun/bdh)