Dua TKI di Jatim Terpapar Mutasi Baru Virus Corona

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 16:53 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Getty Images/BlackJack3D
Surabaya -

Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI Jatim terpapar mutasi baru virus Corona. Mereka baru kembali dari Malaysia.

Jubir Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril membenarkan varian baru Corona baru sudah masuk di Jatim. TKI Jatim ini dari Jember dan Sampang, Madura.

"Iya benar, dua varian baru itu dari PMI yang datang ke Jatim sejak 27 April kemarin," kata Jubir Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Senin (17/5/2021).

Jibril menjelaskan, varian baru Corona tersebut hasil sequencing sampel PMI yang pulang ke Jatim dan dinyatakan positif COVID-19. Sampel itu diperiksa di ITD Unair.

"Hingga hari ini, PMI yang positif ada 78. 76 Di antaranya, sampelnya saat diperiksa, masih varian lama. Sedangkan 2 PMI, saat sampelnya disequencing, menunjukkan varian baru Corona," bebernya.

Kondisi pasien sendiri, kata Jibril, saat ini masih dalam masa perawatan. "Dari update terakhir masih dirawat di RS Indrapura," pungkasnya.

Sebelumnya, Menkes RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan ada kasus varian Corona Afrika Selatan (Afsel) dan Inggris pada TKI yang baru kembali dari Malaysia. Indonesia kembali menemukan dua kasus varian baru Corona di Jawa Timur.

"Dua-duanya merupakan pekerja migran Indonesia yang datang dari Malaysia. Mereka membawa satu mutasi Afrika Selatan dan satu mutasi dari London," kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

(fat/fat)