Umat Islam Menggelar Aksi Bela Palestina di DPRD Jatim

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 11:09 WIB
Ratusan Umat Islam Menggelar Aksi Bela Palestina di DPRD Jawa Timur
Aksi bela Palestina di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Seratus Muslim menggelar aksi bela Palestina di Surabaya. Mereka tergabung dalam Persatuan Pemuda Pejuang Islam Indonesia.

Pantauan detikcom, aksi bela Palestina ini digelar di depan DPRD Jatim, Jalan Indrapura. Massa aksi bergantian berorasi di atas mobil komando.

Massa juga terlihat membawa sejumlah bendera Indonesia, Merah Putih. Tak lupa mereka juga membawa bendera Palestina. Lalu ada replika bendera Israel yang diletakkan di jalan dan diinjak-injak oleh mereka.

Selain itu, massa yang didominasi perempuan tersebut terlihat membawa sejumlah poster dan spanduk. Seperti yang bertuliskan 'Indonesia Love Palestina' dan 'Free Palestina'.

Dalam aksi ini, mereka juga terlihat menggunakan masker dan dijaga oleh aparat kepolisian. Arus lalu lintas di Jalan Indrapura terpantau lancar, meski ada aksi bela Palestina.

Korlap Aksi Bela Palestina Mila Mahmudah mengatakan, aksi digelar untuk mendukung Palestina agar merdeka dan menjadi negara yang berdaulat.

"Mendukung Palestina untuk merdeka dan berdaulat," kata Mila kepada wartawan di DPRD Jatim, Senin (17/5/2021).

Mila menambahkan, aksi bela Palestina yang digelar tetap menjalankan protokol kesehatan. Bahkan ada pembatasan bagi yang ingin mengikuti aksi karena masih pandemi COVID-19.

"Karena pandemi, kami batasi 100 orang," ungkap Mila.

Dalam aksi bela Palestina ini, Mila mengaku tidak mengatasnamakan organisasi masyarakat mana pun. Mereka datang atas nama pribadi.

"Kita bukan atas nama ormas. Ini atas nama pribadi," lanjut Mila.

Mila berharap pemerintah Indonesia lebih tegas dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. "Pemerintah harus lebih tegas, harus lebih menginisiatif untuk memperjuangkan Palestina untuk merdeka. Jadi seperti yang Bung Karno minta dan presiden-presiden sebelumnya minta, Indonesia akan terus bersama Palestina, selama Palestina masih dijajah Israel," pungkas Mila.

Tonton video 'Muncul Aksi Dukungan Bagi Rakyat Palestina di Prancis':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)