Kunjungan Wisatawan di Trenggalek Naik Saat Libur Lebaran

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 07:31 WIB
Tingkat kunjungan di sejumlah destinasi wisata di Trenggalek mulai mengalami peningkatan pada libur Lebaran. Namun jumlahnya masih di bawah batas maksimal kunjungan.
Wisata di Trenggalek/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom
Trenggalek -

Tingkat kunjungan di sejumlah destinasi wisata di Trenggalek mulai mengalami peningkatan pada libur Lebaran. Namun jumlahnya masih di bawah batas maksimal kunjungan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek Sunyoto mengatakan, dari pantauan di beberapa objek wisata, lonjakan kunjungan wisatawan cukup terasa pada Hari Sabtu (15/5). Beberapa lokasi wisata yang menjadi favorit warga di antaranya Pantai Mutiara dan Pantai Pasir Putih Karanggongso.

"Kalau kemarin masih relatif sepi, tapi untuk hari ini sudah mulai ada peningkatan, terutama di Pantai Mutiara dan Karanggongso, kalau Pantai Prigi agak sepi," kata Sunyoto, Sabtu (15/5/2021).

Menurutnya, meskipun terjadi peningkatan, jumlah wisatawan yang datang masih di bawah batas maksimal kunjungan di masa pandemi COVID-19. "Rata-rata itu masih kurang dari 50 persen," imbuhnya.

Sunyoto memprediksi jumlah kunjungan akan mencapai puncaknya pada hari ini. Pihaknya mengimbau masyarakat yang datang untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan menghindari kerumunan, sehingga dapat meminimalisir potensi penularan virus Corona.

"Kami juga menerjunkan tim untuk memantau kondisi objek wisata, serta mengingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan," ujarnya.

Disparbud Trenggalek mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan destinasi wisata lain, selain tempat wisata favorit. Hal ini akan meminimalisir terjadinya kerumunan dan penumpukan jumlah kunjungan.

"Kami juga akan melakukan pembatasan, kalau memang sudah ramai maka akan kami tutup dan dialihkan ke yang lain," jelas Sunyoto.

Sebelumnya, Pemkab Trenggalek memilih untuk membuka tempat wisata pada musim libur Lebaran. Namun pembukaan itu hanya berlaku untuk masyarakat lokal, yang berada dalam satu rayon aglomerasi.

(sun/bdh)