Selama Lebaran 2021, 33 Balon Udara di Ponorogo Diamankan

Charolin Pebrianti - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 20:35 WIB
Lebaran 2021, 33 Balon Udara di Ponorogo Diamankan
Polisi amankan puluhan balon udara/Foto: Istimewa (Dok Polres Ponorogo)
Ponorogo -

Tradisi menerbangkan balon udara tanpa awak tetap terjadi di Ponorogo tiap kali lebaran. Dan Lebaran 2021 ini, polisi berhasil mengamankan 33 balon udara.

Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan dari 21 kecamatan jadi seluruh target razia balon udara tanpa awak selama seminggu terakhir.

"Operasi Razia Balon dan petasan ini terus maksimalkan sampai beberapa hari kedepan guna pemeliharaan keamanan ketertiban yang kondusif di wilayah Ponorogo ini," tutur Azis melalui siaran pers, Sabtu (15/5/2021).

Azis menambahkan total hasil giat razia balon udara dan petasan sejumlah 33 unit balon udara, 1.180 petasan dan jumlah masyarakat yang diamankan enam orang.

"Perbuatan tersebut melanggar undang undang No1 tahun 2009 tentang penerbangan dengan ancaman pidana 2 tahun penjara dan denda 200 Juta," imbuh Azis.

Menurutnya, dampak negatif dari menerbangkan balon udara tanpa awak yang diisi petasan bisa mengganggu penerbangan pesawat terbang, menimbulkan kebakaran dan memutus jaringan listrik.

"Saya mengharap kesadaran seluruh warga masyarakat Ponorogo khususnya, agar tidak menerbangan balon tanpa awak dan petasan," tandas Azis.

Azis menambahkan anggota Polres berjumlah 130 personel dan anggota Polsek jajaran Polres Ponorogo berjumlah 175 personil ikut berjaga merazia balon udara tanpa awak.

"Bantulah kami imbau saudara dan tetangga anda jika mengetahui warga yang hendak menerbangkan balon, agar mengurungkan niatnya," pungkas Azis.

(fat/fat)