Puluhan Pemudik Rapid Antigen Saat Melintas di Exit Tol Probolinggo Barat

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 10:51 WIB
H+2 arus balik libur lebaran, petugas gabungan di pintu exit tol Probolinggo Barat, Kabupaten Probolinggo rapid antigen puluhan pemudik karena tidak bisa menunjukkan surat sehat dari tempat domisili masing-masing.
Puluhan pemudik melintas di exit Tol Probolinggo rapid antigen (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

H+2 arus balik 2021, petugas gabungan rapid antigen puluhan pemudik di pintu exit Tol Probolinggo Barat, Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, mereka tidak bisa menunjukkan surat sehat dari tempat domisili masing-masing.

"Kita optimalkan kekuatan ratusan petugas gabungan saat arus balik H+2 sengaja kita gelar dini hari, karena biasanya pemudik nakal melintas di saat tengah malam dan dini hari, saat petugas lelah. Namun hasilnya puluhan pemudik yang kita rapid antigen hasilnya negatif. Kalau positif langsung kita karantina," tegas Kasat Lantas Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah saat dikonfirmasi, Sabtu (15/5/2021) dini hari.

Petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dishub dan petugas Trans Jawa Tol Paspro (Pasuruan - Probolinggo), berjaga di pintu exit Tol Probolinggo Barat, di Kecamatan Sumberasih.

Razia ini gencar dilakukan, selain menghadapi arus balik Lebaran 2021 juga bertepatan dengan libur lebaran.

"Kami imbau kesadaran masyarakat, jangan memaksa atau nekat mudik atau pergi ke tempat wisata yang sudah ditutup. Tujuannya agar penyebaran COVID- 19, segera selesai, dan secepatnya kita semua kepingin hidup normal kembali, tanpa harus dihantui COVID-19. Ayo taat peraturan atau imbauan pemerintah. Dan jangan lupa terapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara petugas akan gencar melakukan hal serupa saat tangah malam dan dini hari, untuk mencegah klaster mudik lebaran.

"Jadi sebaiknya libur lebaran sementara di rumah aja, sampai wabah ini benar-benar hilang," tegasnya.

Lihat juga Video: Arus Balik, Petugas Bakal Periksa Surat Swab Pemudik di Tol Cikarut

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)