Ritual Barong Ider Bumi Kemiren Banyuwangi Dikawal Satgas dan Petugas Ber-APD

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 20:00 WIB
Ritual Barong Ider Bumi Kemiren Banyuwangi saat pandemi dikawal satgas dan petugas ber-APD
Ritual Barong Ider Bumi Kemiren Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Pandemi COVID-19 tak membuat warga Banyuwangi menghilangkan ritual Barong Ider Bumi. Kegiatan yang digelar hari kedua lebaran setiap tahunnya digelar secara sederhana. Barong berkeliling kampung, dengan dikawal oleh petugas penyemprotan disinfektan, sebagai kepatuhan protokol kesehatan mencegah pandemi.

Kegiatan ritual tersebut digelar warga Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jumat (14/5/2021). Iring-iringan Barong tak lebih dari 20 orang. Selain itu, ada petugas khusus yang melakukan pembubaran masyarakat yang bergerombol, saat menonton Barong diarak keliling kampung sejauh hampir 3 KM.

Kegiatan ini merupakan ritual bersih desa warga Kemiren, mencegah pagebluk. Kegiatan ritual yang sudah puluhan tahun lalu itu terus dilakukan sebagai kepercayaan masyarakat mengusir penyakit dan marabahaya.

"Kegiatan ini digelar untuk mengusir penyakit dan pagebluk di desa kami. Ini sudah berlangsung puluhan tahun. Kami tidak berani tidak melakukan meski pandemi COVID-19 sedang berlangsung," ujar Suhaimi, tokoh masyarakat adat Kemiren kepada detikcom.

Pada pandemi ini, kata Suhaimi, kegiatan ritual adat Barong Ider Bumi ini digelar secara sederhana. Yakni kegiatan Nyekar di Buyut Cili, tokoh yang membuka Desa Kemiren, kemudian digelar arak-arakan Barong khas Banyuwangi yang berumur ratusan tahun. Jumlah personel Barong pun tak lebih dari 20 orang.

"Kita lakukan dengan sederhana. Biasanya ratusan orang yang ikut. Tapi saat ini tidak lebih dari 20 orang saja yang ikut," tambahnya.

Tonton juga Video: Momen Barong Ider Bumi Banyuwangi Digelar dengan Protap Covid-19

[Gambas:Video 20detik]