Ratusan Jemaah Aboge Probolinggo Baru Salat Id Hari Ini

M Rofiq - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 09:32 WIB
Umat Muslim Tanah Air menggelar salat id pada Kamis (13/5). Namun ratusan jemaah Aboge baru menggelar salat id hari ini.
Jemaah Aboge menggelar salat id/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Umat Muslim Tanah Air menggelar salat id pada Kamis (13/5). Namun ratusan jemaah Aboge baru menggelar salat id hari ini.

Pantauan detikcom di Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, jemaah Aboge menunaikan salat id pukul 06.15 WIB. Salat digelar di Musala Al Barokah.

Dalam menentukan Hari Raya Idul Fitri, jemaah Aboge berpedoman pada kitab Mujarobah atau kitab Jawa Kuno. Hasilnya, 1 syawal jatuh pada hari ini.

Umat Muslim Tanah Air menggelar salat id pada Kamis (13/5). Namun ratusan jemaah Aboge baru menggelar salat id hari ini.Jemaah Aboge menggelar salat id/ Foto: M Rofiq

Tokoh Jemaah Aboge, Kyai Buri Mariah mengatakan, kata Aboge terdiri dari dua suku kata yakni A dan Boge. A berarti Tahun Alif sedangkan Boge berarti Rabu Wage.

Menurut Kiai Buri, perhitungan untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri tahun ini menggunakan Waljiro. Oleh karenanya, jika menggunakan rumus Waljiro, 1 Syawal jatuh pada hari pertama (dari 1 Muharram) dengan pasaran dua. Lalu disimpulkan, 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Jumat Kliwon.

"Jadi pasarannya siji atau satu, jadi Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 jatuh pada Jumat Kliwon. Semoga masalah COVID-19 segera selesai dan kembali normal," ujar Kiai Buri, Jumat (14/5/2021).

Usai menggelar salat id, acara dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan dan makan bersama di Musala Al Barokah. Nanti, mereka juga akan datang ke rumah-rumah saudara dan tetangga.

"Ya memang selalu berbeda, kadang 1 hari bisa 3 hari selisih sampai 3 hari, tergantung tanggal di kitab Mujarobbah. Sudah sejak nenek moyang dulu. Namun demikian, meski begitu jemaah Aboge dan warga sekitar tetap hidup rukun," jelas Sholihin, jemaah Aboge.

Di Kabupaten Probolinggo ada 7 desa di 4 kecamatan yang melaksanakan salat id hari ini. Yakni di Kecamatan Leces, Dringu, Bantaran dan Kuripan.

Lihat juga Video: Cerita Jemaah Salat Id Al-Azhar: Tak Takut, Sudah Divaksin

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)