Seorang Pria Kesurupan Melintas di Arteri Porong, Mulutnya Mengaum Mirip Harimau

Suparno - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 21:24 WIB
Seorang pemuda berinisial HS (30) warga Desa Gempol Sampurno Sidoarjo, tiba-tiba mengamuk di tengah jalan arteri Porong
Foto: Istimewa (Dok Polsek Porong)
Sidoarjo -

Seorang pria berinisial HS (30) warga Desa Gempol Sampurno Kecamatan Porong, Sidoarjo, didatangi warga lantaran diduga kesurupan. Saat itu pria yang berjalan tanpa alas kaki kerap tertunduk namun suaranya mengaum seperti harimau.

Warga yang bertemu pria tersebut membuntutinya. Semula pemuda berkaus pink dan bercelana pendek ini berjalan di Desa Gempol sembari jari telunjuknya menunjuk ke orang-orang yang melintas. Karena curiga, warga membuntutinya dari belakang.

Kapolsek Porong Kompol Rochsululloh mengaku peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 06.30 WIB, Kamis (13/5/2021) saat warga menjalankan salat id. Saat melintas di jalan arteri Porong, seorang pengguna jalan melaporkan hal itu ke polisi dan petugas dishub yang sedang berjaga Salat Id Masjid Bintang di perempatan Desa Juwet.

"Setelah mendapat laporan dari masyarakat, petugas langsung mendatangi lokasi. Dia juga membawa bambu, sehingga bisa membahayakan warga sekitar," kata kapolsek saat dihubungi.

Seorang pemuda berinisial HS (30) warga Desa Gempol Sampurno Sidoarjo, tiba-tiba mengamuk di tengah jalan arteri PorongSeorang pemuda diduga kesurupan di jalan arteri Porong/ Foto: Istimewa (Dok Polsek Porong)

Karena terus mengaum, tambah dia, petugas berusaha mengamankan pria tersebut. "Beruntung kondisi lalu lintas sedang sepi karena ada salat id. Sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas jalur arteri," tambahnya.

Empat petugas yang berada di lokasi dengan sabar berusaha mengamankan pria tersebut. Salah satu petugas membacakan ayat-ayat Al Qur'an untuk menjinakkan pria tersebut. Tubuh pria tersebut akhirnya berhasil diamankan meski sempat berontak dan terus mengaum.

"Alhamdulillah, dia tak berkutik saat diamankan dan dibacakan doa. Meski sempat berontak dan terus mengaum," jelasnya.

Setelah berhasil diamankan dan disadarkan, pria tersebut akhirnya dibawa petugas dan dipulangkan ke rumahnya. "Setelah sadar, kita antar ke rumahnya. Karena dia bisa menyebutkan identitas dan rumahnya," tegasnya.

(fat/fat)